Kata Anies soal Perkara Lahan Stadion BMW Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: merahputih.com/Asropih)

MerahPutih.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyebut, ada dua perkara berbeda dalam kasus sengketa lahan stadion Bersih, Manusiawi, dan Berwibawa (BMW), Jakarta Utara.

"Jadi ada dua perkara di pengadilan, satu di pengadilan negeri dimana DKI berlawan dengan PT Buana, di pengadilan negeri diputuskan tanah itu sah milik DKI. Kemudian yang kedua adalah PT buana melalui PTUN menggugat proses administrasi di BPN (Badan Pertanahan Nasional)," ujar Anies di Gedung DPRD DKI Jakarta Rabu (15/5).

Lahan stadion BMW. Foto: MP/Asropih
Lahan stadion BMW. (Foto: MP/Asropih)

Meski demikian, Anies menjamin, proses stadion klub Persija itu bakal tetap dibangun. Sebab, Pemprov DKI telah memenangkan persoalan sengketa lahan dari PT Buana Permata Hijau melalui pengadilan negeri.

"Yang kemarin diputuskan adalah yang di PTUN jadi proses administrasinya yang digugat oleh PT buana tapi materinya adalah sah milik kita dan itu diputuskan di pengadilan negeri," jelasnya.

BPN yang kalah dalam gugatan dengan PT Buana Permata Hijau, kata Anies, bakal melakukan banding untuk mempertahankan lahan itu.

"BPN juga saya telah berkomunikasi tadi malah bahwa BPN juga akan melakukan banding dan ini lebih kepada proses administrasinya, bukan substansi," katanya.

Secara substansi, kata Anies, tanah itu sudah diputuskan pengadilan negeri adalah milik DKI.

Sebelumnya, Pengadilan Tata Usah Negara (PTUN) Jakarta Utara memenangkan gugatan PT Buana Permata Hijau terkait sengketa lahan Stadion Taman Bersih Wibawa, Manusiawi (BMW).

Dalam amar putusannya, Majelis Hakim membatalkan Sertifikat Hak Pakai yang diterbitkan Badan Pertanahan Negara (BPN) Jakarta Utara Nomor 314 dan 315. Di mana dalam perkara ini, Pemprov DKI turut menjadi tergugat intervensi.

Sertifikat nomor 314 memiliki luas 29.256 meter persegi sementara SHP nomor 315 seluas 66.199 meter persegi. (Asp)

Baca Juga: Polemik Pembangunan Kandang Persija Jakarta, Anies Diminta Pukul Kepala Anak Buahnya Sendiri

Kredit : asropih


Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH