Kasus Suap Meikarta Seret Petinggi Siloam Hospital Group

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Selasa, 23 Oktober 2018
Kasus Suap Meikarta Seret Petinggi Siloam Hospital Group
Tersangka Direktur Operasional Lippo Group Billy Sindoro saat menyerahkan diri ke KPK Senin (15/10) malam. MP/Ponco Sulaksono

MerahPutih.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap Pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Daryanto dan Corporate Affairs Siloam Hospital Group, Joseph Christoper Mailool.

Keduanya akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Direktur Operasional Lippo Group, Billy Sindoro terkait ‎kasus dugaan suap pengurusan izin pembangunan proyek Meikarta di Cikarang, Kabupaten Bekasi.

"Mereka diperiksa dalam kapasitas‎nya sebagai saksi untuk tersangka BS," kata Kabag Pemberitaan dan Publikasi KPK, Yuyuk Andriati Iskak saat dikonfirmasi, Selasa (23/10).

rumah sakit siloam
Rumah Sakit Siloam Hospital. (siloamhospital.com)

Siloam Hospital Group merupakan jaringan perusahaan Lippo Group yang bergerak di bidang kesehatan. ‎Namun, belum diketahui apa yang akan didalami penyidik KPK dari Joseph dan Daryanto.

Sebagaimana diketahui, lembaga antirasuah menetapkan sembilan tersangka dalam kasus dugaan suap proyek Meikarta. Mereka di antaranya Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin, Direktur Operasional Lippo Group Billy Sindoro.

Kemudian pegawai Lippo Group Henry Jasmen, dua konsultan Lippo Group yaitu Taryudi dan Fitra Djaja Purnama, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Bekasi Jamaludin.

meikarta
Proyek Meikarta dari Lippo Group (meikarta.com)

Kemudian Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi Sahat M Nohor, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Bekasi Dewi Tisnawati, serta Kepala Bidang Tata Ruang Dinas PUPR Kabupaten Bekasi Neneng Rahmi.

Dalam kasus dugaan suap izin proyek pembangunan Meikarta ini, Neneng dan anak buahnya diduga menerima suap Rp7 miliar dari Billy Sindoro. Uang itu diduga bagian dari fee yang dijanjikan sebesar Rp13 miliar terkait proses perizinan Meikarta, proyek prestisius milik Lippo Group. (Pon)

Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan