Jumat 27 Maret, Kasus Positif COVID-19 di Indonesia Tembus 1.046 Orang Infografis COVID-19. Foto: BNPB

MerahPutih.com - Jumlah pasien positif COVID-19 di Indonesia melonjak drastis menembus akan di atas 1.000. Hingga Jumat (27/3) siang, totalnya mencapai 1.046 kasus positif.

"Ada penambahan kasus cukup signifikan ada 153 kasus baru yang kita dapatkan," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto, dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat sore.

Baca Juga:

Kasus Positif COVID-19 per 26 Maret Melonjak 893 dan 78 Orang Meninggal Dunia

Menurut dia, kondisi saat ini menggambarkan ada lonjakan penularan di dalam lingkungan masyarakat yang cukup kuat.

"Ada penularan di (dalam lingkungan) masyarakat. Masih ada sumber penyakit," tegas dokter yang akrab disapa Yuri itu.

EE
Foto: BNPB

Yuri menambahkan untuk kasus kematian akibat wabah corona berdasarkan data yang dikumpulkan hingga siang tadi pukul 12.00, bertambah 9 orang dalam sehari. "Totalnya (kasus kematian) menjadi 87 orang," tegas dia.

Baca Juga:

Cadangan Nasional 19.000 APD, untuk Jakarta Saja tidak Sampai 3 Minggu Habis

Adapun jumlah pasien Corona yang dinyatakan sembuh hingga hari ini sebanyak 46 orang. Artinya, berdasarkan data terakhir ada 11 pasien baru yang statusnya kini negatif COVID-19.

Sebagai pembanding data global kasus COVID-19 se-Indonesia hingga Kamis (26/3) kemarin meliputi 893 kasus positif, 78 pasien meninggal dan 35 orang penderita dinyatakan sembuh dengan status negatif.

Lebih jauh, Yur kembali menekankan pentingnya agar semua masyarakat sama-sama jaga jarak lebih dari dua meter untuk mencegah penyebaran wabah.

"Tetap di rumah dan belajar di rumah. Beribadah di rumah," tutup pejabat eselon 1 Kemenkes itu.

Data tersebut merupakan pembaruan yang dilakukan sejak Kamis (26/3) pukul 12.00 WIB, hingga Jumat (27/3) pukul 12.00 WIB.

Gugus Tugas merincikan data positif COVID-19 di Indonesia yaitu di Provinsi Aceh menjadi empat kasus, Bali sembilan kasus, Banten 84 kasus, Yogyakarta 22 kasus, DKI Jakarta 598 kasus.

Selanjutnya di Jambi satu kasus, Jawa Barat 98 kasus, Jawa Tengah 43 kasus, Jawa Timur 66 kasus, Kalimantan Barat tiga kasus, Kalimantan Timur 11 kasus, Kalimantan Tengah enam kasus dan Kalimantan Selatan satu kasus.

Baca Juga:

Daerah Dibanjiri ODP Corona, Kemenhub Dorong Pemerintah Larang Mudik Lebaran

Kemudian di Kepulauan Riau lima kasus, NTB dua kasus, Sumatera Selatan satu kasus, Sumatera Barat lima kasus, Sulawesi Utara dua kasus, Sumatera Utara delapan kasus, Sulawesi Tenggara tiga kasus.

Selain itu tercatat 29 kasus di Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah satu kasus, Lampung empat kasus, Riau satu kasus, Maluku Utara dan Maluku masing-masing satu kasus, Papua Barat dua kasus serta tujuh kasus positif di Papua. (Knu)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH