Kasus Pertama Sejak Wabah, WNI Positif COVID-19 di Tiongkok

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 29 Juli 2020
Kasus Pertama Sejak Wabah, WNI Positif COVID-19 di Tiongkok
Deputi Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Menular Kota Beijing, Pang Xinghuo. (ANTARA/M. Irfan Ilmie/TM)

MerahPutih.com - Seorang warga negara Indonesia berusia 63 tahun di Tiongkok dinyatakan positif COVID-19 setelah melakukan perjalanan dari Jakarta menuju Beijing melalui Hong Kong.

"Secara detail satu kasus impor sebagai berikut, seorang pria berusia 63 tahun berkewarganegaraan Indonesia," kata Deputi Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Menular Kota Beijing, Pang Xinghuo, kepada pers, Rabu (29/7) pagi.

Baca Juga:

WN Tiongkok Ditangkap Buntut Tewasnya ABK WNI Kapal Lu Huang Yuan Yu 118

Perempuan tersebut lebih lanjut menjelaskan bahwa pria itu terbang dari Jakarta menuju Hong Kong pada Minggu (26/7) dan kemudian berpindah ke pesawat Cathay Pacific Dragonair untuk melanjutkan perjalanan menuju Beijing pada hari yang sama.

Setibanya di Beijing pada Senin (27/7), pria tersebut dinyatakan positif COVID-19 setelah menjalani tes asam nukleat.

Seorang kurir menyerahkan bingkisan kepada seorang warga dari atas pagar jalan, di Beijing, China, Senin (29/6/2020). REUTERS/Tingshu Wang/WSJ/cfo
Seorang kurir menyerahkan bingkisan kepada seorang warga dari atas pagar jalan dengan menjaga jarak di masa pandemi COVID-19, di Beijing, China, Senin (29/6/2020). REUTERS/Tingshu Wang/WSJ/cfo

Kemudian menurut Pang, pria tersebut segera dilarikan ke Rumah Sakit Ditan, Beijing, dengan mobil ambulans.

Saat didiagnosis, tipe klinisnya sama dengan gejala COVID-19 pada umumnya, demikian Pang membacakan data satu kasus impor COVID-19, yang berasal dari Indonesia.

Dikutip Antara, sebelumnya satu kasus lain di Beijing merupakan kiriman dari Dalian, Provinsi Liaoning, satu klaster baru di Tiongkok.

Baca Juga:

Pemerintah Pulangkan Ratusan WNI dari Tiongkok Gelombang Kedua

Sampai saat ini, Kedutaan Besar RI di Tiongkok belum mengeluarkan pernyataan resmi atas kasus positif COVID-19 yang menimpa WNI.

Sejak wabah tersebut berjangkit pada Desember 2019, baru satu WNI yang dinyatakan positif mengidap corona

Hingga kini, diperkirakan ada sekitar 6.000 WNI yang masih tinggal di berbagai wilayah di China dan semuanya dalam kondisi sehat.

Dua pekan sebelumnya, KBRI Beijing, KJRI Shanghai, dan KJRI Guangzhou telah memfasilitasi pemulangan secara mandiri 200 lebih WNI. (*)

Baca Juga:

Terdampak Pandemi, 124.193 WNI Kembali ke Tanah Air

#Virus Corona #Tiongkok
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan