Kasus Nisan Salib Dipotong Indikasi Lemahnya Basis Toleransi di Yogyakarta

Andika PratamaAndika Pratama - Rabu, 19 Desember 2018
Kasus Nisan Salib Dipotong Indikasi Lemahnya Basis Toleransi di Yogyakarta
Nisan salib milik mendiang Albertus Slamet Sugihardi dipotong oleh warga sekitar. Foto: UGC

MerahPutih.com - Kasus intoleransi yang terjadi di Purbayan Kotagede Yogyakarta dalam bentuk penolakan salib, doa-doa upacara keagamaan, dan ibadah mendoakan arwah terkait meninggalnya Albertus Slamet Sugihardi menyita perhatian publik.

Direktur Riset SETARA Institute Halili menyayangkan terjadinya kasus tersebut. Menurutnya, insiden itu mengindikasikan melemahnya basis sosial toleransi di Yogyakarta. Hal itu juga menegaskan paradoks besar bagi Yogyakarta yang mendaku sebagai ‘City of Tolerance’.

"Dalam perspektif kebinekaan dan kesetaraan hak konstitusional untuk memeluk agama secara merdeka, tindakan kelompok mayoritas tersebut tidak dapat dibenarkan," ucapnya dalam rilis yang diterima di Jakarta, Rabu (19/12)

capture video nisan salib dipotong. Foto: Youtube

Lebih lanjut, Halili mengatakan bahwa intoleransi yang terjadi seputar meninggalnya Albertus Slamet menyiratkan beberapa sisi minus. Pertama, pengerasan konservatisme keagamaan sudah menjangkau lapis sosial terbawah. kedua, penguatan simbolisme keagamaan tidak hanya berdampak pada penebalan politik identitas tapi juga penguatan kecemasan, ketakutan, dan keterancaman atas simbol-simbol identitas yang berbeda.

Dan ketiga, mayoritarianisme hampir selalu bekerja melalui penundukan kelompok minoritas dengan logika kerukunan. Pernyataan bermaterai yang kemudian dibuat oleh keluarga Slamet, baik dalam simulasi permintaan warga yang mayoritas maupun keikhlasan keluarga yang minoritas, merupakan penundukan kepada yang secara kuantitatif sedikit dan secara sosio-politis lemah menggunakan logika kerukunan.

Indeks Kota Toleran 2018 yang dirilis SETARA Institute beberapa waktu yang lalu memang masih mencatat masalah besar dalam praktik dan promosi toleransi di Yogyakarta, karenanya meskipun tidak lagi berada di bottom ten, Yogyakarta masih berada di klaster orange dengan skor toleransi 4,883 dalam skala 1-7.

Data studi indexing dimaksud menunjukkan masih sangat rendahnya toleransi di Yogyakarta pada tiga dari delapan indikator, yaitu rencana pembangunan, tindakan pemerintah, dan inklusi sosial keagamaan. Kasus Purbayan menegaskan buruknya inklusi sosial keagamaan

"Menuntut tindakan pemerintah yang lebih inklusif dan membelajarkan, serta perencanaan program-program pembangunan sosial yang lebih inklusif dan kondusif bagi praktik dan promosi toleransi.," ujarnya.

Albertus Slamet Sugihardi
Makam Albertus Slamet Sugihardi

Oleh karena itu, SETARA Institute meminta Sultan Hamengkubuwono X untuk mengoptimalkan otoritas sosio-politik dan sosio-kulturalnya untuk mengambil peran besar dalam praktik dan promosi toleransi dengan menjamin kesetaraan hak seluruh warga, baik yang banyak maupun yang sedikit.

"SETARA Institute juga menuntut agar otoritas bidang pendidikan di kota yang dikenal sebagai Kota Pendidikan ini mengambil prakarsa yang lebih untuk membangun toleransi dan memperkuat kebinekaan dalam keseharian hidup warganya serta mengonkritkan Pancasila sebagai basis nilai dan sistem etika kolektif," tegasnya.

SETARA Institute juga menghimbau optimalisasi peran para tokoh agama untuk mengarusutamakan moderasi paham keagamaan dan membangun tata sosial yang inklusif dan kohesi sosial yang menghimpun seluruh perbedaan identitas untuk dapat hidup berdampingan secara damai (peaceful co-existence). Kasus intoleransi di Purbayan harus dijadikan pintu masuk untuk membangun kembali toleransi di Jogja. (*)

#SETARA Institute #Yogyakarta
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan