Kasus Harian COVID-19 di Jawa Barat Bertambah 409 Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menghadiri Rapat Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah di Gedung Sate. (Foto: MP/Biro Adpim Jabar)

MerahPutih.com - Sejak varian Omicron dinyatakan masuk Jawa Barat, jumlah kasus harian COVID-19 bertambah cukup signifikan.

Sampai Senin (24/1), tercatat jumlah kasus COVID-19 Jawa Barat bertambah 409 kasus. Namun, 409 kasus itu bukan varian Omicron.

"Jadi kasus harian yang naik di Jabar masih kami asumsikan varian non-Omicron. Artinya, masih Delta atau varian yang sebelumnya," ucap Gubernur Jabar Ridwan Kamil, usai Rapat Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (25/1).

Baca Juga:

2 RT di DKI Micro Lockdown Buntut Masuk Zona Merah COVID

Sementara, kasus COVID-19 varian Omicron di Jabar sendiri sejauh ini dinyatakan masih terkendali. Menurutnya, dari 33 kasus terkonfirmasi positif COVID-19 varian Omicron, 31 di antaranya sudah sembuh.

"Jadi asumsinya, Omicron itu cepat menular dan cepat juga sembuhnya, rata-rata 3 sampai 4 hari," imbuhnya.

Adapun transmisi tertinggi COVID-19 masih berada di wilayah Bodebek (Bogor-Depok-Bekasi). Terkait tingkat keterisian rumah sakit rujukan COVID-19 pada Januari tahun ini, jauh lebih baik ketimbang Januari tahun sebelumnya.

Kang Emil melaporkan, tingkat keterisian rumah sakit rujukan COVID-19 pada Januari 2021 mencapai 40 persen, sementara bulan ini walaupun ada peningkatan, masih di angka 7 persen.

"Artinya vaksinasi berhasil memutus rantai penularan karena tahun lalu vaksinasi belum dilaksanakan," ucap Kang Emil.

"Sekarang kami meyakini virus beredar, tapi tidak masuk ke tubuh yang rata-rata sudah divaksin," tambahnya.

Baca Juga:

Satgas COVID-19 Sebut Penghentian PTM Minimal Dua Pekan

Per Selasa (25/1), cakupan vaksinasi COVID-19 dosis pertama di Jabar mencapai angka 86 persen, dan 76 persen untuk dosis kedua. Rata-rata penyuntikan vaksin COVID-19 di Jabar mencapai 180.000 dosis per hari. Kang Emil optimistis vaksinasi dosis pertama akan tuntas 100 persen pada akhir Februari 2022.

"Kira-kira akhir Februari kita bisa 100 persen untuk dosis 1, dan dosis 2-nya rata-rata selisihnya 10 persen," ucapnya.

Sementara untuk pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM), hingga saat ini, Pemda Provinsi Jabar masih tetap memberlakukan 100 persen PTM. Hal itu sudah sesuai dengan kajian terukur dan akan dibarengi dengan pengetesan secara acak.

"PTM tetap dilaksanakan 100 persen karena kita mengambil keputusan sesuai dengan informasi yang terukur termasuk mengetes secara acak di sekolah yang sampai saat ini belum ditemukan kasus yang mengkhawatirkan," tutur Kang Emil.

Adapun untuk kebijakan work from home (WFH) disesuaikan dengan level PPKM di setiap daerah. Saat ini 10 daerah di Jabar ada di PPKM level 1, sisanya 17 daerah menerapkan PPKM level 2.

"Ketika mayoritasnya level 1 tentunya tidak terlalu WFH karena situasinya kondusif, tapi kalau ada level 2 mau ke level 3, maka WFH akan diberlakukan lagi," ucap Kang Emil.

Kepada masyarakat, Kang Emil tak hentinya mengimbau untuk tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan saat beraktivitas. Kewaspadaan, menurutnya, sangat penting.

"Tak usah terlalu khawatir. Yang penting waspada saja, lakukan prokes ketat karena hidup harus tetap produktif," katanya. (Imanha/Jawa Barat)

Baca Juga:

Waspada, Penambahan Kasus COVID-19 Dekati Angka 5 Ribu

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
KPU dan Bawaslu Kota Tangerang dan Tangerang Selatan
Foto
KPU dan Bawaslu Kota Tangerang dan Tangerang Selatan

KPU Kota Tangerang terletak di Jl. Nyimas Melati No.16, RT.005/RW.001, Sukarasa, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Indonesia. (Senin, 24/1/2022) Foto : Merahputih/Dicke Prasetia.

Spekulan Minyak Goreng Masih Ditemukan di Jawa Tengah
Indonesia
Spekulan Minyak Goreng Masih Ditemukan di Jawa Tengah

Produsen minyak goreng curah juga diminta memenuhi komitmen realisasi kebutuhan komoditas tersebut untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Masyarakat Tionghoa Peduli Bandung Bagikan Ribuan Paket Sembako
Indonesia
Masyarakat Tionghoa Peduli Bandung Bagikan Ribuan Paket Sembako

Masyarakat Tionghoa Peduli memberikan bantuan 2.000 paket sembako yang akan disalurkan melalui Pemerintah Kota Bandung.

Rekam Jejak Yoory, Orang Kepercayaan Ahok yang Tersandung Korupsi Lahan DKI
Indonesia
Rekam Jejak Yoory, Orang Kepercayaan Ahok yang Tersandung Korupsi Lahan DKI

Dalam perkara ini, lembaga anti rasuah telah menetapkan sebanyak 5 orang tersangka. Antara lain mantan Dirut Sarana Jaya, Yoory Pinontoan

Arsjad Jadi Ketum Kadin, Anin Ketua Dewan Pertimbangan
Indonesia
Arsjad Jadi Ketum Kadin, Anin Ketua Dewan Pertimbangan

"Tentunya ini akan dibawa ke Munas untuk direalisasikan dengan AD/ART. Tapi itu kesepakatan yang baru saja tercapai," ujar Rosan.

Video Kecelakaan Kerja Pembongkaran Pilar Kereta Cepat Viral, PT KCIC Beri Tanggapan
Indonesia
Gibran Minta Pedagang Kuliner Lebaran Cantumkan Daftar Harga
Indonesia
Gibran Minta Pedagang Kuliner Lebaran Cantumkan Daftar Harga

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, Jawa Tengah meminta kepada seluruh pedagang kuliner Lebaran di Kota Solo untuk mencantumkan daftar harga. Hal ini dilakukan sebagai upaya antisipasi adanya pedagang menjual dengan harga mahal yang dapat merusak citra Kota Solo sebagai tempat tujuan wisata.

Lebih dari 1 Juta Warga DKI Belum Terima Vaksin COVID-19
Indonesia
Lebih dari 1 Juta Warga DKI Belum Terima Vaksin COVID-19

Dari data Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI, ada lebih dari satu juta warga yang belum dapat penangkal virus corona tersebut.

[Hoaks atau Fakta]: Tabung Gas Elpiji Punya Kode Kadaluarsa
Indonesia
[Hoaks atau Fakta]: Tabung Gas Elpiji Punya Kode Kadaluarsa

Kode pada tabung gas LPG menunjukkan tanggal uji ulang tabung gas. Secara normal tabung LPG itu memiliki usia teknis 25 tahun di mana setiap 5 tahun sekali diuji ulang secara total di Retester.