Kasus COVID-19 Melonjak, Australia Perluas Lockdown Suasana pusat perbelanjaan yang sepi saat wabah COVID-19 merebak di Sydney, Australia, Selasa (24/3/2020). ANTARA FOTO/REUTERS/Loren Elliott/pras.

MerahPutih.com - Negara bagian berpenduduk terpadat di Australia, New South Wales (NSW), pada Selasa (24/3), melaporkan kenaikan tertinggi jumlah kasus virus corona (COVID-19) sehingga jumlah total di seluruh negeri menjadi 1.886.

Sementara itu, para pejabat memperingatkan akan menerapkan hukuman lebih keras terhadap orang-orang yang tidak mematuhi perintah isolasi mandiri saat negara itu semakin mengarah pada lockdown (karantina wilayah) secara penuh.

Baca Juga:

Ini Cara Australia ketika Warganya Bandel Soal Social Distancing

Dikutip dari Antara, NSW mencatat 149 kasus baru COVID-19 muncul dalam semalam, sehingga total jumlah di negara bagian menjadi 818 dan di seluruh Australia 1.886 kasus.

Australia telah memperlihatkan jumlah lebih rendah kasus virus tersebut daripada negara-negara lainnya. Tapi, tingkat penularan dalam beberapa hari terakhir ini meningkat dengan cepat.

Penjaga pantai menjelaskan penutupan Pantai Bondi saat warga bandel soal social distancing, di Sydney, Australia, Sabtu (21/3/2020). ANTARA/REUTERS/LOREN ELLIOTT/TM

Perdana Menteri NSW Gladys Berejiklian mengatakan, wabah itu berada pada "tingkat kritis" dan pihak berwenang akan menerapkan secara tegas keharusan bagi warga untuk mengisolasi diri.

Walaupun sekolah-sekolah secara resmi tetap dibuka, orang tua disarankan untuk menjaga anak-anak mereka tetap berada di rumah.

Baca Juga:

Inggris Lockdown Tiga Pekan Akibat Pandemi COVID-19

Sementara itu, semua layanan tidak penting, seperti bioskop, pub, dan tempat ibadah ditutup total pada hari pertama.

Perdana Menteri Australia Scott Morrison melakukan sidang kabinet pada Selasa untuk membahas langkah-langkah berikutnya. Kabinet itu dibentuk untuk menangani krisis wabah virus corona dan terdiri dari para pejabat politik federal dan negara bagian serta badan kesehatan. (*)

Baca Juga:

Wuhan Mulai Perlonggar Akses Keluar-Masuk


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH