Kasus Corona Tembus 1 Juta, Ketua DPD Minta Pemda Sanksi Tegas Pelanggar Prokes

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 27 Januari 2021
Kasus Corona Tembus 1 Juta, Ketua DPD Minta Pemda Sanksi Tegas Pelanggar Prokes
Petugas gabungan operasi yustisi di Wonosobo memberikan pengarahan kepada sejumlah pelanggar protokol kesehatan. (ANTARA/HO - Kodim Wonosobo)

MerahPutih.com - Langkah pemerintah yang menerapkan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) untuk menekan penyebaran COVID-19 dinilai kurang efektif tanpa saksi tegas. Angka corona pun sudah tembus 1 juta kasus.

Ketua DPD La Nyalla Mattalitti meminta pemerintah daerah menyiapkan sanksi tegas bagi pelanggar protokol kesehatan.

Ia berharap, pemerintah menyiapkan langkah yang lebih tegas dan konkret untuk mengatasi pandemi yang semakin berlarut-larut.

Baca Juga:

Update COVID-19 Selasa (26/1): Kasus Positif di Tanah Air Tembus 1 Juta

"Sudah beberapa pekan PPKM dijalankan. Namun hasilnya kurang efektif. Karena jumlah kasus COVID-19 tidak mampu ditekan. Masyarakat pun seperti mengabaikan protokol kesehatan," kata La Nyalla dalam keterangannya, Selasa (26/1).

Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti. Foto: Humas DPD
Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti. Foto: Humas DPD

La Nyalla memberikan contoh PPKM Jawa Timur yang menjaring 1,9 juta pelanggar prokes. Menurutnya, fakta ini menunjukkan masyarakat tidak peduli dengan wabah yang sedang melanda. Contoh kasus lainnya adalah masih bukanya sejumlah cafe dan tempat hiburan di kalangan anak muda.

"Hal ini sangat kita sayangkan. Karena hal ini semakin menambah jumlah kasus. Padahal, langkah pertama untuk memutus mata rantai itu adalah dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan," ujarnya.

Baca Juga:

Anak Buah Anies Nyatakan TPU Bambu Apus Khusus Jenazah COVID-19 Beragama Muslim

Oleh karena itu, mantan Ketua PSSI ini mengingatkan para kepala daerah untuk tegas menerapkan sanksi ketat bagi pelanggar protokol kesehatan. Jika kasus semakin meningkat, kata dia, pemerintah tidak bisa lagi memberikan toleransi.

"Seharusnya angka-angka ini menjadi kekhawatiran kita bersama. Ayo kita sama-sama menerapkan 3M, sama-sama kita putus pandemi COVID-19. Karena kondisi saat ini sudah semakin buruk. Jika semua lapisan masyarakat patuh prokes, saya yakin wabah ini melandai," pungkasnya. (Pon)

Baca Juga:

Pemkot Jakpus Rombak GOR dan Balai Jadi Tempat Pasien COVID-19

#La Nyalla Mattalitti #COVID-19
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan