Kasus Corona Melonjak, Pemprov DKI Berencana Kembali Perketat PSBB

Andika PratamaAndika Pratama - Rabu, 29 Juli 2020
Kasus Corona Melonjak, Pemprov DKI Berencana Kembali Perketat PSBB
Aktivitas warga Jakarta. (Foto: Asropih)

MerahPutih.com - Pemprov DKI Jakarta berpeluang menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) kembali dengan pengawasan ketat, bila kasus COVID-19 terus mengalami peningkatan.

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, bukan tidak mungkin Pemprov DKI akan kembali memperketat PSBB seperti sebelumya. Di mana, semua warga melakukan aktivitas seperti bekerja dari rumah.

Baca Juga

105 Anggota DPRD DKI Segera Jalani Test Swab

Lalu, kegiatan usaha seperti restoran juga dilarang menyediakan makan di tempat kepada pelanggannya dan seluruh tempat rekreasi kembali ditutup. Hanya beberapa sektor usaha penting yang bisa beroperasi.

"Kalau (perkembangan kasus COVID-19) semakin memburuk, tidak mustahil kita kembali ke PSBB," ucap Riza di Jakarta, Selasa (28/7).

Saat ini, kata Riza, Pemda DKI tengah mengkaji situasi perkembangan COVID-19 di masa PSBB transisi yang akan berakhir pada 30 Juli mendatang. Indikatornya adalah angka reproduksi kasus, positivity rate, dan kapasitas tempat tidur khusus perawatan COVID-19.

"Dalam 2 hari ini, kita akan evaluasi PSBB transisi. Kami koordinasi dengan pemerintah pusat, para pakar dan ahli, instansi terkait, dan semuanya akan kita putuskan bersama," paparnya.

Tapi ada juga kemungkinan juga Pemprov DKI akan kembali memperpanjang PSBB transisi. "Kalau masih seperti ini, kemungkinan kita akan memperpanjang masa PSBB transisi," ungkap Riza.

Baca Juga

Satu-satunya Daerah di Jakarta yang tidak Masuk Zona Merah COVID-19

Jika ada penurunan tiga indikator penentu, yaitu angka reproduksi kasus, positivity rate, dan kapasitas tempat tidur khusus perawatan COVID-19, maka DKI bisa melonggarakan PSBB dan seluruh kegiatan telah boleh beroperasi kembali.

"Kalau dianggap ada perbaikan, peningkatan yang positif ke arah yang lebih baik, tentu kita memasuki masa sehat, aman, dan produktif," tutup Riza. (Asp)

#PSBB
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan