Kasus Benur, KPK Sita Rumah Stafsus Edhy Prabowo

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Rabu, 03 Maret 2021
Kasus Benur, KPK Sita Rumah Stafsus Edhy Prabowo
KPK Sita Rumah Stafsus Edhy Prabowo (Ist)

MerahPutih.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita rumah pribadi milik tersangka kasus dugaan suap perizinan ekspor benih lobster atau benur, Andreau Pribadi Misanta.

Rumah pribadi milik Staf Khusus mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo itu berlokasi di Cilandak, Jakarta Selatan.

Baca Juga:

KPK Kembali Perpanjang Masa Penahanan Edhy Prabowo

"Hari ini (3/03) Tim Penyidik KPK melakukan penyitaan sekaligus pemasangan plang sita pada rumah kediaman pribadi milik tersangka APM (Andreau Pribadi Misanta)," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, dalam keterangannya, Rabu (3/3).

KPK diketahui sempat mendalami transaksi jual beli rumah di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan oleh tersangka Andreau Pribadi Misanta. Diduga rumah tersebut dibeli menggunakan uang dari para eksportir benur.

KPK Sita Rumah Stafsus Edhy Prabowo (Ist)

Dalam kasus ini, KPK telah menetapkan tujuh tersangka. Ketujuh tersangka itu yakni, Edhy Prabowo, tiga staf khusus Edhy, Andreau Pribadi Misanta, Safri serta Amril Mukminin; Siswadi selaku Pengurus PT Aero Citra Kargo; Ainul Faqih selaku Staf istri Menteri KP; dan Suharjito selaku Direktur PT Dua Putra Perkasa Pratama.

Edhy bersama Safri, Andreau Pribadi Misanta, Siswadi, Ainul Faqih, dan Amril Mukminin diduga menerima suap sebesar Rp 10,2 miliar dan USD 100 ribu dari Suharjito. Suap tersebut diberikan agar Edhy memberikan izin kepada PT Dua Putra Perkasa Pratama untuk menerima izin sebagai eksportir benur.

Baca Juga:

Siap Dihukum Mati, Edhy Prabowo: Lebih dari Itupun Saya Siap

Sebagian uang suap tersebut digunakan oleh Edhy dan istrinya Iis Rosita Dewi untuk belanja barang mewah di Honolulu, Hawaii, Amerika Serikat pada 21-23 November 2020. Sekitar Rp750 juta digunakan untuk membeli jam tangan Rolex, tas Tumi dan Louis Vuitton, serta baju Old Navy. (Pon)

#KPK #Lobster #Benih Lobster #Lobster Ilegal #Ekspor Lobster
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan