Kasus Bayi Debora, KPAI Desak Kemenkes Bikin Tim Investigasi Ketua KPAI Susanto saat gelar konferensi pers di Kantornya. (MP/Fadhli)

MerahPutih.com - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mendesak Kementerian Kesehatan membuat tim investigasi guna menyelidiki kematian Tiara Debora Simanjorang di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kalideres Jakarta Barat, beberapa waktu lalu.

"Kemaren sudah kirim surat kepada Menkes untuk membentuk tim investigasi terdiri dari Kemenkes dan lembaga independen, KPAI dan BPJS watch," kata Ketua KPAI Susanto saat gelar konferensi pers di Kantornya, Rabu (13/9).

Dijelaskannya, pembentukan tim ini bertujuan agar permasalahan dapat didalami dan ditelaah secara konferensif terutama dari perspektif perlindungan anak.

"Semangatnya adalah bisa dilihat dari berbagai perspektif dan ditelaah dan didalami secara komprehensif baik dari sisi pengambil kebijakan maupun sisi pengawas terutama dari perspektif perlindungan anak," ujarnya.

Sasanto menilai, perkara ini penting diselesaikan agar tidak terjadi lagi di masa mendatang. "Saya pikir ini penting untuk menjelaskan duduk perkara secara clear," terang dia.

Terkait hal itu, dia berharap Tim Investigasi segera terbentuk. "Sejauh ini baru mengirim rekomendasi ya, belum bisa dipastikan kapan, tapi kita berharap secepatnya," pungkas Susanto.

Sebelumnya, KPAI telah menerima aduan dari pihak keluarga korban bayi Debora.

Dari keterangan pihak keluarga, KPAI menduga ada kelalaian pihak RS Mitra Keluarga sehingga bayi berumur empat bulan tersebut mengembuskan nafas terakhir di RS Mitra Keluarga Kalideres Jakarta Barat. (Fdi)

Baca juga berita terkait bayi Debora di: Keluarkan Dana Besar, Keluarga Bayi Debora Pertimbangkan Ke Ranah Hukum



Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH