Wisata Dunia

Kastil Matsumoto Jepang Hadirkan Pertunjukkan Cahaya Menakjubkan

Febrian AdiFebrian Adi - Minggu, 01 Januari 2023
Kastil Matsumoto Jepang Hadirkan Pertunjukkan Cahaya Menakjubkan
Kastil Maksumoto hipnotis turis dengan pertunjukkan cahaya. (Foto: Instagram/@matsumoto_castle)

KASTIL Matsumoto yang berada di Jepang terkenal dengan eksterior hitamnya nan unik. Saat ini Kastil Matsumoto tengah menggelar salah satu pertunjukkan cahaya yang sudah dimulai pada akhir musim gugur dan akan berakhir pada awal musim semi.

Dilansir Timeout, pertunjukkan ini bisa dilihat secara gratis mulai 1 Desember 2023 hingga 28 Februari 2023. Menampilkan sepuluh pola lampu berbeda yang disinkronkan dengan alunan musik syahdu.

Baca juga:

Jepang Segera Bebas Visa, 5 Kota ini Tak Boleh Terlewat Dikunjungi

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh ?????? (@yuka_111_k)

Iluminasi cahaya menjadi salah satu pertunjukkan menarik bagi wisatawan lokal maupun turis luar yang sedang melancong di negeri sakura tersebut. Gelaran yang disebut Matsumoto Illumination di prefektur Nagano ini menjadi destinasi yang tak boleh dilewatkan.

Kastil Matsumoto mendapat julukan Kastil Gagak atau Karasu-jo dalam bahasa Jepang. Iluminasi cahaya berwarna-warni ini terlihat sangat spektakuler, karena kastil yang diterangi dengan cahaya tersebut akan memantulkan permukaan parit yang mengelilingi struktur, hingga menciptakan efek cermin nan menakjubkan.

Nantinya, aka nada pertunjukan bertema Natal, Tahun Baru, Festival Patung Es dan Hari Valentine, ditambah pertunjukan lain berdasarkan konsep waktu, masa lalu, sekarang, dan masa depan. Edisi tahun ini juga menampilkan tiga pola baru bertema Bumi, air, dan langit malam berbintang.

Pertunjukan cahaya berlangsung setiap hari di setiap 15 menit sekali antara pukul 18:00 dan 21:15. Setiap pertunjukan menampilkan tiga tema bergantian, tergantung pada tanggal dan musim. Lihat jadwal di bawah untuk tanggal pastinya.

Baca juga:

Jepang Bersiap Menyambut Turis untuk Pertama Kali sejak 2020

Hari biasa: Bumi, air, langit berbintang 9-16 Desember dan 13-20 Januari: Pergantian antara Bumi, air, dan langit berbintang; dan sekarang, masa lalu dan masa depan 17-25 Desember: Bumi, air, Natal 1-9 Januari: Bumi, air, Tahun Baru 21-28 Januari: Bumi, air, Festival Patung Es 8-14 Februari: Bumi, air, Hari Valentine.

Pertunjukan lampu Natal antara tanggal 17 dan 25 Desember 2022 mengubah Kastil Matsumoto menjadi pohon Natal raksasa menggunakan lampu hijau, sementara iluminasi yang berkelap-kelip mengikuti suara lonceng.

Pada 21 dan 28 Januari 2023 para pengunjung akan bisa menyaksikan pertunjukan spesial bertema Festival Patung Es Kastil Matsumoto, yang berlangsung pada akhir pekan tanggal 28 hingga tanggal 29 Januari 2023. Pertunjukan ini menampilkan kristal es yang bergerak melintasi fasad kastil.

Pertunjukan Hari Valentine berwarna merah muda, di sisi lain, terinspirasi oleh cerita rakyat tentang benang merah takdir, yang konon menghubungkan seseorang dengan satu cinta sejatinya. Kalian dapat menyaksikan ini dari tanggal 8 hingga tanggal 14 Februari 2023. (far)

Baca juga:

Dunia Fantasi Taman Hiburan Studio Ghibli Jepang

#Wisata Dunia #Wisata Jepang
Bagikan
Ditulis Oleh

Febrian Adi

part-time music enthusiast. full-time human.
Bagikan