Kaspersky Lab: Serangan Phising Terfokus pada Situs Belanja Online

Fadhli Fadhli - Jumat, 20 Februari 2015
Kaspersky Lab: Serangan Phising Terfokus pada Situs Belanja Online
Serangan Phising pada Instansi keuangan, khususnya perbankan, mengalami penurunan sebanyak 2,7 persen. (Foto: Kaspersky)

MerahPutih Teknologi - Kaspersky Lab mengeluarkan hasil risetnya berjudul "Financial Cyber-Thereats in 2014". Dalam laporan tersebut, Kaspersky melaporkan terdapat 28,8 persen serangan phising yang terjadi pada tahun lalu bertujuan untuk mencuri data keuangan pengguna.

Sebelumnya serangan phising ini digunakan untuk menyasar instansi perbankan, namun sekarang serangan beralih dan berfokus pada sistem pembayaran dan situs belanja online. (Baca: Facebook Rencanakan Voice-to-Text untuk Messenge)

Serangan Phising pada Instansi keuangan, khususnya perbankan, mengalami penurunan sebanyak 2,7 persen pada tahun lalu jika dibandingkan dengan tahun 2013. Pada saat yang sama, terdapat kenaikan pada proporsional phishing yang menargetkan kategori keuangan lainnya.

Dalam kategori Sistem Pembayaran, serangan cyber paling banyak ditujukan untuk mencuri data pengguna kartu Visa, sebesar 31,02 persen, PayPal sebesar 30,03 persen, dan American Express 24,6 persen. (Baca: Windows 10 Bawa Xbox ke PC)

Amazon tetap menjadi brand paling sering diserang dalma kategori layanan belanja online. Kaspersky Lab mengatakan dalam laporannya bahwa sebesar 31,7 persen serangan Phising dilakukan menggunakan halaman Amazon. Sama dengan Amazon, Apple dan eBay ada di peringkat kedua dan ketiga dalam penggunaan serangan phising, dengan besaran persentase masing-masing yakni 14,3 persen dan 10,66 persen.

#OnlineShop #Phising #Kaspersky Lab
Bagikan
Ditulis Oleh

Fadhli

Berkibarlah bendera negerku, tunjukanlah pada dunia.
Bagikan