Relationship
Kasatmata, Berikut Indikator yang Menandakan Hubunganmu akan Berakhir Tanda-tanda hubungan akan berakhir (Sumber: Pexels/Timur Weber)

"KITA putus ya!" ujar seorang pria ke pasangannya. "Kenapa tiba-tiba?" uajr sang kekasih bereaksi. Percayalah, tidak ada perpisahan yang terjadi secara spontan. Orang-orang sudah berpikir untuk mengakhiri hubungan sebelum mereka benar-benar mengakhiri suatu hubungan.

Dalam keadaan yang penuh tekanan, beberapa mungkin tetap berkomitmen untuk bersama, sedangkan yang lain justru menemukan alasan untuk pergi. Dalam jurnal ilmiah Lack of Intimacy Prospectively Predict Breakup pada 2018, S Joel menguraikan perilaku tertentu yang dihubungkan dengan meningkatnya potensi untuk berpisah. Berikut beberapa sikap yang menunjukkan hubungan tidak akan bertahan lama.

BACA JUGA:

Tanda 'Lampu Hijau' untuk Membawa Hubungan Asmara ke Tahap Lebih Serius

1. Kedekatan emosional yang berjarak

emosional
Berkurangnya kedekatan emosional (Sumber: Pexels/Pixabay)

Seberapa dekat kamu dan pasangan secara emosional? Studi prospektif yang dilakukan Park Y, EA Impett, dan SS Spielman menunjukkan kedekatan yang kurang pada pasangan kekasih memprediksi kemungkinan putus yang lebih besar. Park menyebut kedekatan emosional dapat berfungsi sebagai indikator dari kesehatan hubungan. Ketika orang mulai mengurangi kedekatan secara emosional, itu mungkin merupakan tanda bahwa mereka sedang bersiap untuk mengakhiri suatu hubungan.

2. Reaksi spontan negatif

reaksi spontan
Reaksi negatif pasangan. (Sumber: Pexels/Timur Weber)

Setiap pasangan tentu menunjukkan reaksi tertentu terhadap suatu keadaan. Entah itu reaksi positif atau negatif. Bagian dari reaksi yang ditunjukkan pasangan ternyata bisa mengungkapkan tentang masa depan suatu hubungan. Jika kamu tidak terlalu memikirkan reaksi pasangan terhadap suatu kondisi, coba minta tanggapan mereka untuk berbagai hal. Misalnya, apa pendapat pasangan tentang kelebihanmu, betapa menyenangkannya kamu berada di sekitar, atau bagaimana ia membandingkan dirimu dengan orang lain? Pertanyaan-pertanyaan semacam itu mungkin membuat mereka bisa cukup terbuka. Jika mereka menunjukkan jawaban implisit negatif (kesan positif yang rendah, kesan negatif yang tinggi) hubunganmu mungkin lebih berisiko untuk putus cinta.

3. Berkurangnya dukungan terhadap kabar baik

dukungan
Kurang antusias pasangan terhadap berita baik (Sumber: Pexels/Mikhail Nilov)

Ketika sesuatu yang menarik terjadi dan kamu ingin berbagi berita itu kepada pasangan, perhatikan reaksinya. Apakah mereka ikut senang dan ingin merayakannya? Sebaliknya, bagaimana reaksimu ketika pasangan membagikan kabar baik mereka? Reaksi akan berita baik dapat merefleksikan stabilitas masa depan suatu hubungan. Pasangan yang menunjukkan reaksi kurang antusias, pasif atau lebih destruktif lebih mungkin untuk putus dalam beberapa bulan mendatang jika dibandingkan dengan mereka yang penuh semangat merayakan.

Berbagi kabar baik kepada seseorang yang tidak bereaksi seperti yang kamu harapkan merupakan pengalaman yang menyedihkan. Bayangan bagaimana reaksi yang kurang memuaskan terhadap kabar baikmu dapat membentuk perilaku kamu di masa depan. Jika lain kali memiliki kabar baik, apakah kamu ingin membagikannya? Hal itu bisa menciptakan jarak lebih jauh yang semakin membahayakan hubungan.

4. Lebih sedikit perilaku nonverbal positif

pasangan cuek
Pasangan mulai cuek (Sumber: Pexels/cottonbro)

Pernahkah kamu berpikir tindakan apa yang bisa dilakukan untuk mengungkapkan perasaan kamu sudah memperdalam hubungan asmara? Dalam mengekspresikan perasaan, perbuatan jauh lebih bisa diterima dibandingkan ucapan. Kamu telah memanfaatkan beberapa wawasan hubungan yang tajam. Analisis oleh R Fauvre dalam How Implicit Partner Evaluations Affect Dyadic Interaction in Close Relationship tentang kekuatan prediktif perilaku nonverbal dan verbal menunjukkan bahwa perilaku nonverbal positif (misalnya, tersenyum, bersandar, membelai rambut) memprediksi kepuasan hubungan yang lebih tinggi di kemudian hari. Sejauh mana pasangan memberikan dukungan nonverbal kepadamu? Apakah kamu melakukan hal yang sama? Jika tidak, itu bisa menjadi pertanda hubungan yang melemah.

Tanda-tanda bahwa seseorang tidak bahagia dalam suatu hubungan dan bahwa komitmen mereka memudar dapat muncul dalam berbagai bentuk. Daftar ini mencakup perilaku yang mungkin sulit untuk diperhatikan pada saat itu, tetapi setelah dipertimbangkan (atau dipikir di belakang), mungkin tampak lebih jelas. Ini mungkin salah satu aspek sulit dari putusnya hubungan, terutama ketika mereka sangat sepihak.(Avia)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
PUBG dan Tesla Berkolaborasi, Gamer Boleh Rakit Model Y
Fun
PUBG dan Tesla Berkolaborasi, Gamer Boleh Rakit Model Y

PUBG dan Tesla menyediakan pabrik besar di Erangel.

Harga Cadillac Lyriq EV Sekitar Rp950 juta
Fun
Harga Cadillac Lyriq EV Sekitar Rp950 juta

Cadillac mempermanis kesepakatan dengan memasukkan dua tahun pengisian daya publik tanpa batas.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Setelah Melahirkan
Fun
Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Setelah Melahirkan

Umumnya gejala dari berbagai penyakit yang terjadi setelah melahirkan sangat ringan dan sering diabaikan begitu saja.

Rekomendasi 4 Gim Nintendo 3DS yang Layak Dimainkan
ShowBiz
Rekomendasi 4 Gim Nintendo 3DS yang Layak Dimainkan

Bagi kalian yang baru ingin memainkan konsol ini atau bahkan ...

Manusia, Alam, dan Kopi Terangkum dalam Dokumenter ‘Legacy of Java’
ShowBiz
Manusia, Alam, dan Kopi Terangkum dalam Dokumenter ‘Legacy of Java’

Melibatkanya banyak pihak mulai dari petani, akademisi, hingga seniman.

Voxan Wattman Sepeda Motor Listrik Tercepat di Dunia
Fun
Voxan Wattman Sepeda Motor Listrik Tercepat di Dunia

Voxan Wattman mencapai kecepatan 366 kpj.

3 Solusi Digital Ini Memudahkan Bisnis
Fun
3 Solusi Digital Ini Memudahkan Bisnis

Menjalankan bisnis makin mudah berkat solusi digital.

Masalah Kulit Sering Terjadi Selama Puasa
Fun
Masalah Kulit Sering Terjadi Selama Puasa

Hati-hati dengan masalah kulit yang sering terjadi selama puasa.

Cuma Kpopers yang Paham, Ini Barang Kesayangan Kpopers yang Dikoleksi
ShowBiz
Cuma Kpopers yang Paham, Ini Barang Kesayangan Kpopers yang Dikoleksi

Merupakan bentuk cinta penggemar pada idolanya.

Di AS, Album Adele '30' Laku Keras
ShowBiz
Di AS, Album Adele '30' Laku Keras

Album Adele 30 yang di rilis pada 19 November 2021, telah terjual lebih dari 1 juta penjualan dalam semua formatnya.