Karya Terbaik dari Sutradara Kelly Asbury Kelly Asbury direktur dari film animasi 'Smurf 2' menutup usia di 60 tahun. (Foto: variety.com)

SUTRADARA ternama dari Disney, Kelly Asbury menutup usianya yang ke-60 tahun. Setelah melawan kanker perut, ia akhirnya meninggal di rumahnya pada Jumat pagi, 26 Juni 2020.

Beberapa karyanya ini sangat populer di kalangan anak-anak ataupun orang dewasa.

Baca juga:

Setelah ‘Tenet’, kini Giliran ‘Mulan’ kembali Gagal Tayang

1. Spirit: Stallion of The Cimmarron

Spirit merupakan cerita seekor kuda jantan berjenis kiger mustang dengan nama Spirit. Ia hidup bersama kawanan lainnya dan bertindak sebagai kepala para kuda. Suatu hari Spirit ditangkap dan dibawa ke Amerika Serikat.

Spirit merupakan kuda liar yang keras kepala, selama ditangkap dan ditahan di penangkaran ia berusaha untuk bebas. Segala cara ia lakukan hingga akhirnya berhasil kembali ke rumah dan kawanannya. Karya ini merupakan debut Kelly sebagai sutradara dan berhasil masuk nominasi Oscar sebagai Best Animated Feature pada 2003.

2. Shrek 2

Kalian pasti tidak asing dengan mahluk hijau yang disebut ogre ini. Shrek 2 merupakan film pertama yang benar-benar disutradarai oleh Kelly. Sebelumnya, ia hanya sebagai pembuat cerita dari shrek pertama.

Shrek 2 menceritakan Shrek dan Fiona, istrinya mengajak kembali ke kerjaan Far Far Away. Namun, ternyata kedatangan mereka tidak disambut baik oleh orang-orangnya. Bahkan Fiona sempat kembali menjadi manusia. Shrek 2 menceritakan Shrek dan Fiona dalam memperjuangkan cinta mereka.

Baca juga:

Serial Korea Hotel De Luna bakal Dibuatkan Versi Bahasa Inggrisnya

3. Gnomeo and Juliet

Siapa yang tidak tahu cerita tentang sepasang kekasih yang terbatasi oleh warna baju dan topi? Gnomeo and Juliet adalah karya selanjutnya yang disutradarai oleh Kelly. Cerita mengenai patung kurcaci taman yang saling mencintai, tetapi harus menghadapi perbedaan warna topi.

Gnomeo merupakan kurcaci laki-laki dengan topi biru, sedangkan Juliet merupakan kurcaci perempuan dengan topi merah. Mereka berjuang demi cinta mereka sebagai kurcaci dari berbeda taman yang dibatasi oleh pagar.

4. Smurfs: The Lost Village

Film Kelly selanjutnya tidak jauh-jauh dari mahluk yang sama mungilnya dengan para kurcaci di Gnomeo and Juliet. Mereka adalah smurf, mahluk biru yang cukup populer. Kelly mensutradarai Smurf: The Lost Village yang rilis pada 2017.

Cerita ini merupakan petualangan dari 4 smurf bernama Smurfette, Brainy, Clumsy, dan Hefty. Mereka menemukan sebuah desa baru yang berisikan smurf lainnya. Gargamel tidak pernah berhenti untuk mengusik para smurf, ia akan hadir kembali untuk menjadi tokoh yang mengganggu 4 smurf dalam perjalanan mereka.

5. UglyDolls

Film terakhir yang disutradarai oleh Kelly merupakan UglyDolls. Bercerita mengenai boneka-boneka jelek yang berusaha untuk dicintai. Mereka mencari kelebihan mereka sendiri dan tidak putus semangat untuk berusaha menjadi boneka yang tidak kalah cantiknya dengan boneka normal. Kelly juga mengisi suara untuk film ini sebagai pemeran tambahan seperti gibberish cat, koki, Oliver, dan Buttons.

Itulah film yang pernah disutradarai oleh Kelly. Beberapa film animasi lainnya ada campur tangan dari Kelly juga, seperti Frozen, Chicken Run, Toy Story, Beauty and the Beast, dan The Little Mermaid.

Ia sempat bekerja untuk DreamWorks saat membuat Spirit. Kemudian, Pixar untuk Toy Story. Namun, ia kembali ke Disney di masa-masa terakhirnya dapat bekerja. (May)

Baca juga:

Premiere 'aTypical Wednesday' di Tengah Pandemi


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH