Butuh Waktu Ratusan Jam untuk Hasilkan Pahatan di Kapur Tulis Karya seni detail dari kapur ini gegerkan media sosial (Foto: facebook/sachin sanghe chalk & lead sculptures)

SEORANG pria asal India beranama Sachin Sanghe, menghabiskan sebagian besar waktu luangnya untuk mengukir batang kapur menjadi sebuah karya seni yang indah. Dari mulai potret selebritas hingga penggambaran dewa-dewa Hindu.

Berawal ketika Sachin masih duduk di bangku sekolah menengah atas, dia selalu dipanggil ke depan kelas untuk menulis catatan di papan tulis. Itulah yang kemudian membentuk hubungan Sachin dengan kapur tulis.

Baca Juga:

Hias Rumah dengan 10 Ribu Piring Porselen, Pria Ini Jadi Viral

Sachin mulai mengukir kapur dengan alat geometri sebagai hobi. Seiring berjalannya waktu, Sachin kian piawai dalam mengukir kapur. Namun saat Sachin masuk ke perguruan tinggi teknik, hobi seninya terpinggirkan karena harus fokus pada tanggung jawab akademis.

Karya Seni patung dari Sachin gegerkan media sosial (Foto: facebook/sachin sanghe chalk & lead sculptures)

Ketika Sachin sudah menyelesaikan sekolah di perguruan tinggi dan mendapatkan pekerjaan, ia bebas menekuni kembali hobi khususnya. Ia belajar mengukir secara otodidak. Kini Sachin dipuji sebagai salah satu pematung kapur terbaik di dunia.

"Di sekolah, saya selalu punya sekat, kompas, rautan dan juga peniti di kotak geometri saya. Saya secara bertahap mulai mengukir huruf dan kemudian nama, lalu saya memberikannya pada teman dan kerabat," ujar Sachin Sanghe seperti yang dilansir dari laman odditycentral.

Baca juga:

Perempuan Muda Ini Punya Ukuran Lingkar Pinggang Tak Biasa

Lebih lanjut Sachin menambahkan "Saat itu tidak ada Google, saya juga belum pernah melihat orang yang membuat pahatan mikro. karena itu saya memulainya dari awal."

Sachin mengungkapkan bawha pahatan kapurnya yang lebih sederhana, membutuhkan waktu antara lima hingga enam jam untuk menyelesaikannya. Sementara yang lebih rumit bisa memakan waktu hingga 130 jam.

Sachin telah menciptakan lebih dari 200 miniatur kapur, dari selebritas India hingga replika miniatur Taj Mahal yang membutuhkan waktu 80 jam untuk menyelesaikannya.

Sedikit informasi, Sachin Sanghe telah menekuni seni membuat patung kapur kecilnya selama 15 tahun, namun dia mengatakan masih harus belajar dan masih mengasah keterampilannya. Untuk melihat lebih karya-karya spektakuler dari Sachin kamu bisa melihat di laman Facebook resminya Sachin Sanghe’s Chalk & Lead Sculptures. (Ryn)

Baca juga:

Seniman Kue Berbakat Ini Viral Karena Ciptakan Dessert Ilusi Optik

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH