Unik, Karya Seni dengan Mesin Ketik

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Minggu, 06 September 2020
Unik, Karya Seni dengan Mesin Ketik
Seorang seniman ciptakan karya seni viral dari mesin tik (Foto: instagram @jamescookartwork)

DI USIANYA yang baru 23 tahun, James Cook telah menjadi salah seorang seniman mesin ketik terkemuka di dunia. Ia menghasilkan sejumlah karya yang luar biasa.

Mahasiswa arsitektur muda itu terjun ke seni mesin ketik sekitar lima tahun yang lalu, setelah membaca tentang Paul Smith, seniman mesin ketik terkenal lainnya.

Baca Juga:

Wow, Perempuan ini Punya Koleksi Makanan Plastik Terbanyak di Dunia

Smith tidak dapat menggunakan pensil atau kuas untuk menggambar, karena kelumpuhan otak yang parah. Cook kemudian terinspirasi oleh cerita Smith dan tertarik dengan seni mesin ketik. Ia pun memutuskan untuk mencobanya.

Cook menghasilkan berbagai karya seni unik dari mesin ketik jadul. (Foto: instagram @jamescookartwork)

Cook merasakan cinta pada pandangan pertama pada mesin ketik. Dia membeli mesin ketik pertamanya dari pasangan lansia, yang ingin menjual tumpukan barang antik mereka. Kemudian Cook mulai menggunakan mesin ketik itu untuk membuat ilustrasi dan potret.

"Saya mulai sekitar lima tahun lalu, saya masih kuliah pada saat itu. Saya menemukan pria bernama Paul Smith yang menderita kelumpuhan otak. Dan sayangnya, karena kondisinya, dia tidak bisa menggunakan pensil atau kuas untuk menggambar. Namun, dia benar-benar mulai menggunakan mesin ketik, dan dia akhirnya menghasilkan potret dan gambar yang menakjubkan ini," jelas Cook seperti dilansir dari Odditycentral.

Lebih lanjut Cook menambahkan, "Saya sangat terinspirasi oleh cerita Paul Smith dan saya memulainya sekitar lima tahun yang lalu. Saya belum berhenti berkarya dengan mesin ketik sejak itu."

Setelah membeli mesin ketik pertamanya, James mulai mengumpulkan mesin ketik lainnya. Kini dia memiliki sekitar 20 mesin ketik. Namun, mesin ketik yang dibeli tak lagi berguna seperti fungsi seharunya, tapi sebagai media untuk membuat karya seni.

Baca Juga:

'Rumah Pie' Mendadak Viral di Media Sosial, Ini Penyebabnya

Meskipun mesin ketik hanya memiliki dua warna, yakni hitam dan merah, dengan bakat dan banyak karakter yang tersedia di mesin ketik, Cook berhasil menciptakan karya seni yang benar-benar menakjubkan.

Mulai dari potret mendetail selebritas dan karakter film ikonik hingga lanskap yang rumit. Sepertinya tidak ada yang tak bisa digambar James Cook dengan mesin ketiknya yang tepercaya.

Cook mengaku sangat menikmati membuat karya seni dari mesin tik, karena menggunakan teknologi usang untuk menciptakan sesuatu yang bagus merupakan sebuah hal yang spesial baginya.

"Saya biasanya mulai di tengah-tengah makalah dan mencari jalan keluar. Saya menggunakan karakter dan huruf tertentu untuk melakukan pekerjaan tertentu. Misalnya, titik berhenti penuh, garis bawah, dan garis miring ke depan bagus untuk garis lurus, dan tanda kurung, Os dan nol bagus untuk kurva. Simbol @ ideal untuk bayangan. Tapi saya juga membangun semuanya, dua atau tiga karakter di atas satu sama lain, untuk menciptakan detail," ucap Cook.

Selain membuat karya seni, Cook juga mendapat banyak job membuat sebuah karya, biayanya US$130 atau sekitar Rp1,9 juta per karya. Tergantung pada tingkat kerumitannya.

Ia mengklaim sebagian besar karyanya dikerjakan dengan kedua tangannya. Ia menggunakan tangan kanan untuk mengetik karakter, dan tangan kiri untuk menggerakan tombol spasi baris.

Untuk melihat lebih banyak ilustrasi mesin tik James Cook yang menakjubkan, kamu bisa melihat di situs resminya dan halaman Instagram-nya. (Ryn)

Baca Juga:

Viral, di Negara Ini Ada Festival Membakar Gunung

#Fashion #Karya Seni Unik #Berita Unik #Viral
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan