Karya Kartun Mice Dijadikan Game Mice menggarap game tentang karikaturnya. (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

PERKEMBANGAN teknologi memiliki dampak luar biasa pada industri game. Rupanya kartunis Muhammad Mirsad atau akrab disapa Mice mencoba mengikuti perkembangan teknologi tersebut dalam berkarya. Pria berkacamata itu mencoba mewujudkan karya kartun miliknya ke dalam sebuah game. Mice dibantu oleh developer game Indonesia Ciayo Games.

Game tersebut berjudul Mencari Mice dan bisa dimainkan melalui gawai. Meskipun sederhana game ini seru dimainkan. Siapapun bisa mengusir stres melalui game tersebut. Game ini kini tengah dipamerkan di pameran Indonesia Senyum 20 Tahun Mice Berkarya di Galeri Nasional, Jakarta Pusat. Jadi, seperti apa sih gim itu?

Jadi gini, game tersebut singkat memberikan kamu misi untuk mencari tokoh-tokoh yang mewarnai ibukota. Ya, benar sekali tokoh tersebut merupakan adaptasi tokoh nyata yang telah dibuat Mice ke dalam sebuah kartun. Tokohnya sederhana kok, yaitu tokoh berdasarkan lapisan masyarakat.

mice
Game ini tampak sederhana namun seru dimainkan. (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

Game ini memiliki beberapa seri. Salah satunya ialah seri buku Tanah Abang. Dalam game itu kamu akan diberi misi untuk mencari tokoh semisal Mami Bigos, Mas Mudik, reseller Tanah Abang, Pakde Pemda, dan tukang sol sepatu. Kamu harus mencari setiap tokoh tersebut dalam kerumunan masyarakat yang ramai di stasiun Tanah Abang.

Meskipun terlihat gampang, nyatanya game tersebut lumayan susah. Beberapa orang yang tersebar dalam game itu terlihat amat mirip dengan tokoh yang harus kamu cari. Sehingga kamu bakal sulit memilih kriteria tokoh yang cocok sesuai misi. "Jadi intinya game ini mencari tokoh," ungkap Mice saat press tour pameran Indonesia Senyum 20 tahun Mice berkarya, Jumat (20/7).

mice
Mice berkarya selama 20 tahun. (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

Tidak perlu khawatir, meskipun mencari tokohnya sulit kamu juga akan diberikan petunjuk kok. Petunjuk itu akan mendeskripsikan ciri-ciri tokoh yang harus kamu cari. Misalnya tokoh tukang sol sepatu. Ciri-cirinya adalah memakai topi ala gangster New York dan suka mangkal di tempat teduh.

Sayang, game ini belum bisa kamu nikmati. Game ini masih dalam tahap pengembangan. Sekiranya baru mencapai 30% persiapannya meluncurkan game Mencari Mice. Tapi tenang, kira-kira tahun depan game ini bakal rampung. "Ya bisa dimainin awal 2019 lah," terang Mice.

Nah, kalau kamu penasaran dengan game ini, kamu tetap bisa mencobanya kok di pameran Indonesia Senyum 20 Tahun Mice Berkarya. Pameran tersebut akan dibuka dari tanggal 21 Juli sampai 4 Agustus. Selamat mencoba! (ikh)

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH