Karya dari Finalis  UOB Painting of the Year 2018 Dipamerkan Salah satu karya yang dipamerkan di Nnatura Hominis (Foto: MP/Stella Maris)

PARA dewan juri UOB Painting of the Year 2018 telah melakukan penyaringan seribuan karya dari penjuru Indonesia menjadi 50 finalis dan memilih delapan karya terbaik yang mendapatkan penghargaan. Kali ini 50 karya terbaik tersebut dipamerkan pada acara dengan tema Natura Hominis.

Pameran 50 karya pilihan dewan juri itu berlangsung di Gedung A, Galeri Nasional Indonesia, Jakarta dari tanggal 8 hingga 19 November mendatang. Dewan juri yang terdiri dari Entang Wiharso, Bambang Bujono, Dr Wiyu Wahono menginginkan 50 karya tersebut bisa disajikan dengan satu kesatuan utuh dan berjalin padu.

Natura Hominis akan berlangsung hingga 19 November (MP/Stella Maris)
Natura Hominis akan berlangsung hingga 19 November (Foto: MP/Stella Maris)

Berbeda saat penjurian, dalam pameran ini pemisahan kategori Profesional dan Pendatang Baru dihilangkan. Karya-karya pemenang pun tidak ditempatkan secara khusus atau paling menonjol dalam ruang pamer. Dengan begitu tampak suatu harmonisasi dan kesetaraan di dalamnya.

UOB Painting of the Year memang telah menjadi magnet besar bagi setiap orang yang ingin meniti karir sebagai seniman. Kriteria yang dirujuk juga sangat terbuka sehingga memudahkan untuk ikut dalam kompetisi ini. Seperti yang terlihat dalam seleksi tahun ini dan tahun tahun sebelumnya. karya-karya tinta, cat air dan pensil mendapat tempat sebagai lukisan.

Ada beberapa kegiatan selain pameran (MP/Stella Maris)
Ada beberapa kegiatan selain pameran (Foto: MP/Stella Maris)

Karya-karya dalam pameran ini secara umum memperlihatkan adanya dorongan kuat para seniman untuk bercerita. Dalam sebagian besar dokumen tertulis yang disertakan pada formulir, cukup mudah menemukan pernyataan seniman yang menjadi manifestasi atau sekurang-kurangnya motif bagi kisah personal maupun komunal.

Selain pameran, Natura Hominis juga mengadakan kegiatan lain seperti diskusi bersama Bambang Asrini Widjanarko. Juga diskusi bersama finalis sekaligus pemenang UOB Painting of the Year 2018 tingkat nasional dan regional serta lokakarya kolaborasi melukis oleh Popok Triwahyudi. (*)

Kredit : yani


Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH