Kartunis Jepang Sebut Presiden Jokowi Pengemis Kereta Cepat 2 Karikatur Onan Hirosihi yang menyindir Jokowi. Foto: @hiroshionan

MerahPutih.com - Kartunis Jepang, Onan Hiroshi, menyindir Presiden Jokowi terkait proyek kereta cepat. Bahkan, ia menyebut orang nomor satu di Indonesia itu sebagai 'pengemis kereta cepat 2'.

Sindiran itu dituangkannya melalui gambar digital. Hiroshi menggambarkan bagaimana Jokowi yang berterima kasih kepada PM Jepang Shinzo Abe yang berniat membantu Indonesia dalam membangun kereta api cepat.

Pemerintah Jepang sudah datang ke lokasi kereta api cepat untuk mengambil data-data. Sayangnya, hasil studi yang dilakukan Jepang malah diberikan kepada Cina yang memberikan harga murah kepada Jokowi.

Dalam komik tersebut, memperlihatkan Cina mengimingi-imingi harga yang relatif murah dibandingkan Jepang. Namun, sudah dua tahun, proyek bernilai triliunan rupiah itu belum memperlihatkan kemajuan signifikan.

Melihat hal ini, Hiroshi membuat kartun yang menggambarkan Jokowi mengemis kepada Abe untuk membantu keberlanjutan proyek kereta api cepat relasi Jakarta-Bandung ini.

Tetapi, pihak Jepang menolak karena merasa sudah dipermainkan oleh Jokowi karena sudah memilih Cina sebagai rekanan proyek kereta cepat ini.

Hingga kini, postingan Hiroshi sudah mendapatkan 181 komentar yang mayoritas masyarakat Indonesia, dan 1,539 retweets serta 1,219 likes. (*)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH