Karena Tombol Snooze, Kamu Bisa Lelah Seharian Menekan tombol snooze tidak baik untuk kesehatan kamu (Foto:Pixabay/congerdesign)

WAKTU sudah menunjukkan kamu harus bangun pagi ini. Alarm pun sudah berbunyi. Namun, rasanya tubuh masih berat untuk beranjak dari tempat tidur. Beruntung ada tombol snooze, alarm bangun tidur kamu pun diperpanjang dan kamu bisa kembali tidur.

Akan tetapi, menekan tombol snooze tanpa kamu sadari bisa mengganggu kesehatan kamu. Pasalnya, siklus tidur kamu akan terganggu. Demikian dilansir laman Independent. Tubuh dan otak akan merasa bingung saat setelah menekan tombol snooze dan kembali tertidur.

Masalahnya bukan tombol snooze-nya. Namun, kamu yang kembali tertidur setelah bangun membuat siklus tidur kamu akan terganggu. Kamu akan mengalami masalah sleep inertia dengan kondisi tubuh kamu tidak karuan seperti rasa pusing yang bercampur aduk dengan rasa lelah.

Kondisi tersebut biasanya terjadi selama 15-30 menit. Namun, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Brigham and Women's Hospital, Boston, kondisi itu bisa terjadi selama 2-4 jam. Hal itu bisa terjadi jika kamu terbangun dari tidur yang memang sangat nyenyak, lalu kembali tidur lagi.

Jam biologis kamu akan terganggu jika tidur kembali setalah bangun (Foto: Pexels/Pixabay)

Jadi jika kamu membiasakan menekan tombol snooze atau kembali tertidur jam biologis kamu sebagai manusia akan terganggu. Sejatinya kamu memang memiliki waktu tidur dan juga waktu bangun tidur yang sudah di atur dalam otak. Sehingga jika kamu kembali tertidur tubuh kamu akan kaget dan melakukan adaptasi ulang. Itulah yang membuat tubuh kamu jadi terasa tidak karuan dan lelah seharian.

"Dengan tertidur selama beberapa menit tambahan, tubuh mempersiapkan siklus tidur yang lain, yang kemudian dengan cepat terganggu menyebabkan rasa lelah selama seharian," kata pakar tidur, Neil Robinson, yang bekerja di perusahaan kasur, Sealy.

Seorang ahli neurologi, Professor Matthew Walker mengungkapkan agar tidak mengalami kondisi sleep inertia sebisa mungkin kamu harus bisa mengatur pola tidur. Selain menghindari tombol snooze, ia juga merekomendasikan untuk tidak banyak mengonsumsi kopi dan tidak tidur siang berlebihan.

Alarm tidur kamu intinya sudah bekerja dengan baik. Yang salah adalah kamu sendiri. Ngaku deh, kamu yang tidak bangun saat alarm berbunyi, pasti malam sebelumnya habis begadang. (ikh)

Baca juga: Ini Akibat Tidur Siang Terlalu Lama

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo