Karantina Pemudik di Solo Ditunda, Gibran Tidak Mau Persulit Aktivitas Warga

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 30 April 2021
Karantina Pemudik di Solo Ditunda, Gibran Tidak Mau Persulit Aktivitas Warga
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengecek proyek GOR Manahan Solo. (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, Jawa Tengah, sediaya mulai memberlakukan karantina bagi pemudik berlaku mulai 1-17 Mei. Namun demikian, rencana tersebut berubah. Karantina pemudik berlaku mulai 6-17 Mei.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka membenarkan jika karantina di Solo berlaku mulai tanggal 6-17 Mei. Alasan memundurkan jadwal pelaksanaan karantina bagi pemudik karena harus mengikuti aturan dari pemerintah pusat.

Baca Juga

Gibran Copot dan Mutasi ASN Perempuan yang Ketahuan Nikah Siri

"Karantina pemudik di Solo efektif mulai 6-17 Mei. Lokasi karantina tetap berada di STP (Solo Techno Park)," ujar Gibran, Jumat (30/4).

Dikatakannya, untuk lokasi karantina di Solo Techno Park dilengkapi 200 bed. Lokasi karantina dilengkapi kamar mandi, tempat cuci tangan, tempat tidur, dan lainnya

"Yang jelas saya tidak mau mempersulit aktivitas warga, itu saja," kata dia.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (MP/Ismail)

Ia mengatakan untuk lokasi isolasi mandiri memperbolehkan di hotel. Pemkot memastikan sudah ada satu hotel di Solo yang mengajukan diri menjadi tempat isolasi mandiri pemudik.

"Ada satu hotel ditunjuk untuk tempat isolasi mandiri pemudik. Kalau kapaitas hotel kurang kita tambahi hotelnya," ucap dia.

Ia menegaskan untuk keamanan dan penyekatan sudah ada Polresta Surakarta yang bertugas di lapangan. Terkait teknis penyekatan akan dirapatkan pada Senin (2/5).

Sekretaris Daerah (Sekda) Solo Ahyani, mengatakan meskipun karantina diundur mulai tanggal 6 Mei, untuk pemberlakuan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) mulai diberlakukan mulai Sabtu (1/5). Meskipun demikian, pengawasan pemudik dilakukan sejak dini untuk mencegah penyebaran corona.

"SIKM ini untuk memfasilitasi warga yang ada kepentingan khusus," pungkas dia. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga

Gibran Berikan Bantuan Listrik Gratis pada 40 KK Miskin dan 10 Masjid di Solo

#Gibran Rakabuming #Mudik
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan