Olimpiade Tokyo 2020
Karakter Samurai Ala Negara Partisipan Olimpiade Tokyo 2020 Artis Jepang buat karakter samurai yang terinspirasi dari bendera nasional masing-masing negara yang bertanding di Olimpiade Tokyo. (Foto: World Flags)

PERHELATAN Olimpiade Tokyo 2020 telah dimulai. Merayakan hal tersebut, satu grup artis asal Jepang berupaya membangkitkan semangat olahraga sembari menggabungkannya dengan kebudayaan lokal.

Para seniman memutuskan membuat karakter samurai ala Negeri Sakura yang dikombinasikan dengan desain bendera dan aspek unik dari setiap negara perwakilan.

Disebut sebagai World Flags Project, 15 artis di bawah pimpinan kreator Kamaya Yamamoto telah menggambar 84 karakter samurai. Masing-masingnya dibuat dengan elemen familiar dari setiap negara.

Mereka berharap gambar ini dapat merangkul semangat Olimpiade dan budaya Jepang."Samurai itu unik di Jepang dan kami ingin semua orang mengenal budaya tradisional Jepang," ucap Yamamoto pada laman BBC.

Baca Juga:

Pekerja Media Dibekali Cloud Pin Selama Olimpiade Tokyo 2020

Karakter Samurai Ala Negara Partisipan Olimpiade Tokyo 2020
Setiap samurai digambar dengan memasukkan unsur khas dari bendera dan kebudayaan masing-masing negara. (Foto: World Flags)

Tidak sembarangan, Yamamoto mempersiapkannya baik-baik. Mulai dari meriset makna dan sejarah di balik masing-masing bendera nasional hingga menggali lebih dalam kebudayaan setiap negara. Sehingga semua karakter memiliki unsur khas yang berbeda-beda.

Samurai Amerika misalnya, dibuat dengan rambut pirang dan mata biru. Sedangkan negara yang memiliki elemen unik dalam benderanya juga jadi bahan petimbangan.

Seperti bendera Mexico yang terdapat seekor elang yang bertengger di atas kaktus sedang memakan ular, Yamamoto memadukan unsurnya jadi satu. Kemudian menciptakan karakter samurai lengkap dengan lambang ular, kaktus, dan pendamping elang.

Biar enggak salah, mereka menyelam ke dunia maya dan meminta saran dari warganet. Tak jarang membuat jajak pendapat di Twitter agar wargent bisa memilih simbol paling ikonik dari negaranya.

Dengan begitu, para seniman bisa mendapat masukan agar dapat menciptakan karakter terbaik. Kadang, pendekatan kolaboratif ini juga membantu mereka untuk memperbaiki kesalahan.

Baca juga:

Atlet Olimpiade Tokyo Bakal Tidur di Ranjang Kardus, Ini Alasannya

Contohnya saat menggambar samurai Spanyol. Awalnya mereka membayangkan karakternya sebagai matador. "Saya mengakui bahwa beberapa karakter mungkin sedikit stereotip karena didasarkan pada perspektif Jepang tentang dunia. Kami tidak tahu bahwa adu banteng kontroversial di Spanyol," terang Yamamoto. Setelah menerima kritik daring, mereka akhirnya mengubah desainnya.

Tidak hanya gambar semata, setiap samurai didampingi dengan deskripsi singkat tentang kepribadian, kekuatan, dan kelemahan. Mirip dengan karakter yang ada dalam video game.

Awalnya informasi simpel mengenai golongan darah, hobi, dan makanan favorit ini hanya akan diunggah secara daring, namun pada akhirnya mereka akan masuk ke dalam manga.

Seperti dilansir dari laman Screen Rant, manga empat panel yang muncul pertama kali, tapi komik serial seperti umumnya juga lagi dalam tahap pengerjaan. Bahkan bab pertama komik World Flags sudah keluar.

Ceritanya menampilkan negara-negara antropomorfik sebagai pejuang kelompok khusus yang dikenal sebagai Flag Samurai. Di bawah komando organisasi bernama Babel, mereka membela planet dari invasi setan pemakan manusia yang disebut Brigante. Nantinya plot ceritanya akan mengikuti Kamamoto, siswa SMA yang berusaha bergabung dengan Flag Samurai setelah orang tuanya dibunuh Brigante.

Karakter Samurai Ala Negara Partisipan Olimpiade Tokyo 2020
Mereka juga telah membuatnya dalam bentuk buku komik. (Foto: Twitter/@mandarakurume)

Sejauh ini, Yamamoto dan rekannya baru membuat 84 dari 200 negara yang bertanding di Olimpiade Tokyo. Masih belum jelas proyek ini akan diarahkan kemana, namun popularitasnya sudah tinggi. Banyak orang yang memuji desain samurai beberapa negara. Bahkan keduataan Honduras dan Venezuala secara khusus meminta izin untuk memajang gambar samurai negara mereka.

Melihat hal ini, Yamamoto hanya berharap karakter samurainya dapat membuat orang lebih bersemangat dalam menyambut Olmpiade. Apalagi pandemi Covid-19 membuat penonton tak dapat hadir langsung di arena.

"Orang-orang hanya akan bisa menikmati Olimpiade secara daring. Jadi harapannya desain kami bisa menyediakan sedikit hiburan dan kelegaan bagi semua yang lelah dengan COVID-19 ini," tutupnya. (sam)

Baca juga:

Momen Fashion Terbaik di Olimpiade Tokyo 2020

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Vokalis Rebelsuns Perkenalkan Proyek Solonya dengan Single ‘Selayaknya’
ShowBiz
Vokalis Rebelsuns Perkenalkan Proyek Solonya dengan Single ‘Selayaknya’

Berbeda dengan Rebelsuns yang biasa membawakan genre pop-punk, Dai justru memiliki pendekatan yang berbeda untuk lagu ini.

Sebaiknya Bra Tidak Dimasukan ke Pengering
Fun
Sebaiknya Bra Tidak Dimasukan ke Pengering

Perhatikan hal-hal berikut ini.

Selamat Tinggal Jerawat dan Bekasnya
Fun
Selamat Tinggal Jerawat dan Bekasnya

Merawat kulit agar tidak jerawatan amat mudah.

Agar Suasana Hati Tetap Positif Selama Bulan Puasa
Fun
Agar Suasana Hati Tetap Positif Selama Bulan Puasa

Beberapa orang merasa moodnya kurang baik karena menahan rasa lapar.

Produk Fesyen Jadi yang Paling Laris Jelang Lebaran
Fun
Produk Fesyen Jadi yang Paling Laris Jelang Lebaran

Mengintip deretan produk yang paling laris menjelang Lebaran

Rekomendasi Seri Dokumenter Netflix di November 2020
ShowBiz
Rekomendasi Seri Dokumenter Netflix di November 2020

Deretan rekomendasi seri dokumenter Netflix untuk bulan November 2020.

Paku pada Kayu Salib Yesus Ditemukan di Biara di Czech
Fun
Paku pada Kayu Salib Yesus Ditemukan di Biara di Czech

Paku yang tersimpan dalam boks dengan salib berlapis emas 21 karat bertuliskan IR.

Penuh Kekerasan Seperti Gamenya, Intip 2 Trailer Terbaru 'Mortal Kombat'
Fun
Penuh Kekerasan Seperti Gamenya, Intip 2 Trailer Terbaru 'Mortal Kombat'

Adegan bertarung di film Mortal Kombat terbaru sangat sadis.

BTS Siap Tampilkan Lagu Baru di MAMA 2020
ShowBiz
BTS Siap Tampilkan Lagu Baru di MAMA 2020

Ini menjadi salah satu penampilan pertama mereka setelah album dirilis.

Resmi Diperdagangkan, Saham Big Hit Entertainment Laris Manis
ShowBiz
Resmi Diperdagangkan, Saham Big Hit Entertainment Laris Manis

BTS dan Bang Si-hyuk mendapatkan keuntungan fantastis dari hasil penjualan saham perdana.