Karakter Pembeli 'Online Shop', Nomor 4 Mungkin Anda Berbelanja online membuat transaksi semakin mudah. (Foto: Hercampus)

BELANJA online kini kian digandrungi berbagai kalangan. Terutama bagi para generasi milenial. Pilihan berbelanja hanya melalui layar ponsel maupun gawai membuat setiap orang tergiur. Bagaimana tidak, Anda tidak perlu repot ke luar rumah.

Online Shop juga semakin menjaga kepercayaan dengan para pelanggan. Seperti misalnya memiliki sistem teknologi yang berkualitas demi menjaga kenyamanan berbelanja melalui platform digital mereka, demikian menurut Brand Manager Shopee, Rezky Yanuar kepada Merahputih.com belum lama ini.

"Yang pasti kita harus menyiapkan teknologi yang bisa menjembatani. Teknologi yang trusted, dalam artian sistemnya bener," tuturnya.

Online Shop juga menyeleksi para penjual yang akan berjualan dalam platform mereka. Tidak sembarang penjual bisa menjadi merchant. Selektif memilih pedagang bakal membuat kepercayaan pembeli kepada penjual akan semakin terjamin.

Tidak ketinggalan, layanan customer service pun selalu didepankan.

"Seller yang masuk harus dididik dengan baik. Kita juga harus menyiapkan channel untuk customer service," tambahnya.

Lebih lanjut, menurut Rezky karakter pembeli online shop tidak hanya memiliki satu tipe. Mereka memiliki karakter tersendiri. Berikut beberapa karakter pembeli online shop.

1. Si pelanggan setia online shop

Ilustrasi. (Sumber: Jumpahead)

Pembeli yang satu ini benar-benar sudah mengabdi berbelanja melalui online shop. Berbelanja di pusat perbelanjaan tidak menjadi pilihannya lagi. Bisa jadi memang sudah ketagihan dengan kemudahan yang diberikan ya. "Satu memang yang belanja online banget. Which is dia belanja online bisa multiple tempat," kata Rezky.

2. Si lihat-lihat untuk survei

Ilustrasi orang belanja online. (Foto: Shutterstock)

Karakter orang seperti ini biasanya amat teliti. Ia akan mensurvey barang buruannya seperti melihat harga melalui situs belanja online. Namun belum tentu ia akan membeli secara online, bisa saja melalui toko secara langsung. Yang pasti orang dengan karakter ini akan 'menyimpan' barang buruan itu ke dalam hati mereka meskipun tidak membeli.

"Ada yg lihat-lihat doang tapi belinya belakangan tapi dimasukin ke heart," imbuhnya.

3. Si tipe pembeli tanpa mikir

Ilustrasi pembeli. (Foto: Buzzfeed)

Perbedaan dengan tipe yang pertama tadi, orang dengan karakter ini sebenarnya bukan pelanggan setia online shop. Hanya saja jika sudah kepincut dengan suatu barang, tanpa mikir lagi ia akan mengunjungi situs belanja online. Tanpa mikir dua kali ia akan langsung 'menyikat' barang yang ia idamkan.

"Ada tipe yang langsung beli udah gak mikir lagi," paparnya.

4. Si pemberi alamat kantor

Ilustrasi pembeli. (Foto: Cambridgetransport)

Anda yang orang kantoran pasti mengalami ini. Anda hobi berbelanja tapi tidak pernah memberikan alamat rumah Anda kepada penjual untuk mengirim barang yang Anda beli. Nah lo, takut di interogasi orang rumah ya? Atau takut dibilang boros?

"Ada yg baru sih tapi payungnya kecil. Ada beberapa tipikal yang belanja ngirimnya ke kantor gak ke rumah," tutupnya.

Itulah 4 karakter pembeli online shop. Anda yang mana nih? (Ikh)

Baca juga artikel menarik lainnya tentang online shop di sini Senin Jadi Pilihan Berbelanja Online.

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH