Kapurung, Kuliner Khas Sulawesi Selatan Tandingan Coto Makassar Kapurung (Foto: Instagram/anggie_vanggreani)

BERBICARA soal makan, Indonesia memang terkenal kaya akan keanekagaraman kuliner tradisionalnya. Salah satunya yaitu Kapurung, kuliner khas Palopo, Sulawesi Selatan.

Kapurung dikabarkan sudah ada sejak zaman dahulu, biasanya disantap sebagai makanan pokok. Namun, perlahan kapurung tergusur oleh nasi yang notabene menjadi makanan pokok warga Indonesia. Meski begitu, beberapa daerah di Indonesia masih ada yang menjadikannya sebagai makanan pokok.

Nama Kapurung sendiri memang tak setenar Coto Makassar. Namun, perihal rasa, Kapurung tak kalah nikmat dari kuliner lainnya khas Sulawesi Selatan ini.

Kapurung (Foto: Instagram @nyzwharynett)

Terbuat dari tepung sagu, Kapurung juga dipadukan dengan bahan ikan segar dan aneka sayuran. Bila Anda kurang menyukai ikan, sebagai alternatifnya Kapurung bisa juga diganti dengan daging ayam atau pun udang.

Proses pembuatan Kapurung sendiri cukup mudah. Awalnya, tepung sagu dilarutkan dengan air panas. Usai sagu mengental, bentuk adonan bulat-bulat seperti bakso. Setelah itu, campur adonan dengan kuah bumbu kacang, lengkap dengan sayuran seperti kacang panjang, jagung manis, terong, bayam dan jantung pisang. Adapun kuah kacang telah dikombinasi dengan rempah-rempah bersensasi pedas.

Sajikan Kapurung dengan tambahan perasan jeruk nipis sebagai pelengkap kenikmatan. Nikmati Kapurung dalam keadaan masih panas. Rempah pedas dan kuah bumbu kacang akan memberikan rasa hangat di tenggorokan. Terlebih saat cuaca hujan, kuliner yang satu ini pastinya akan sangat nikmat dan maknyus dinikmati. (*)

Simak juga artikel seputar kuliner khas Indonesia lainnya di sini: Resep Coto Makassar Asli Lezat.


Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

YOU MAY ALSO LIKE