Kesehatan

Kapulaga makin Dikenal Kaya Khasiat

Dwi AstariniDwi Astarini - Rabu, 23 Oktober 2019
Kapulaga makin Dikenal Kaya Khasiat
Kapulaga punya banyak manfaat untuk kesehatan. (foto: pixabay/ludmila_ph)

DULUNYA, kapulaga hanya ditmukan dalam masakan Timur Tengah, Arab, dan India. Kini, kapulaga makin populer di seluruh negara di dunia.

Rempah berbentuk biji ini memiliki rasa khas. Biasanya, kapulaga digunakan untuk pelengkap makanan karena memberi rasa manis dan gurih. Namun, seiring makin dikenalnya rempah ini, ada juga yang memanfaatkan kapulaga sebagai suplemen untuk manfaat kesehatan. Hal itu disebabkan kandungan fitokimia kapulaga yang bersifat antiinflamasi dan antibakteri.

BACA JUGA: Menkes Baru Ditugasi Cegah Stunting, Apa Itu?

Berikut 4 manfaat kesehatan kapulaga, seperti dirangkum dari laman Healthline dan Medicalnewstoday.

1. Minyak biji kapulaga membunuh bakteri dan jamur

kapulaga
Efektif membunuh jamur dan bakteri. (foto: pixabay/publicdomainpictures)

Satu studi menemukan bahwa minyak atsiri kapulaga sangat efektif dalam membunuh beberapa jenis bakteri dan jamur. Namun, jika kamu ingin mengonsumsinya, jangan dicampur dengan obat herbal lainnya, karena beberapa produk dapat berinteraksi dan menyebabkan efek samping. Konsultasikan terleih dahulu pada dokter kepercayaan anda.


2. Mengatasi sindrom metabolik dan diabetes

kapulaga
Mengatasi sindrom metabolik. (foto: pixabay/stevepb)

Biji kapulaga membantu beberapa aspek sindrom metabolik. Sindrom metabolik adalah kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Contohnya ialah kegemukan, gula darah tinggi, hipertensi, trigliserida tinggi, kolesterol tinggi, serta kadar kolesterol 'baik' yang rendah.

Mengonsumsi kapulaga selama 8 minggu akan meningkatkan kadar protein C-reaktif yang lebih rendah, protein inflamasi, dan penanda lain yang dapat berkontribusi terhadap masalah kesehatan.


3. Meningkatkan pernapasan dan oksigen

kapulaga
Membantu dalam mengobati asma. (foto: pixabay/stocksnap)

Ketika Kapulaga digunakan dalam aromaterapi, kapulaga akan memberikan aroma yang menyegarkan yang meningkatkan kemampuan tubuh kamu untuk menggunakan oksigen selama berolahraga.

Cara lain agar kapulaga dapat meningkatkan pernapasan dan penggunaan oksigen ialah dengan mengatur jalan pernapasan kamu secara perlahan. Cara itu sangat membantu untuk mengobati asma.


4. Kesehatan mulut

kapulaga
Membantu menjaga kesehatan mulut. (foto: pixabay/guliamar)

Sebagian dari kamu mungkin menganggap mint dan kayu manis bisa menyegarkan napas. Ternyata bukan hanya mint dan kayu manis yang punya khasiat itu. Kapulaga juga memberi penyegaraan dan meningkatkan Ph pada mulutmu. Justru sebelum adanya mint dan kayu manis, kapulaga sudah di gunakan secara berabad-abad.

Sudah menjadi kepercayaan orang zaman dahulu bahwa biji dan buah kapulaga dapat membantu meningkatkan kesehatan mulut karena sifat antiinflamasi dan antioksidannya akan melawan bakteri di mulut, gigi berlubang, dan penyakit gusi.(iel)

Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan