Kapolri Tito: Malam Natal Kondusif Tanpa Aksi Sweeping

Andika PratamaAndika Pratama - Senin, 24 Desember 2018
Kapolri Tito: Malam Natal Kondusif Tanpa Aksi Sweeping
Persiapan Natal di Gereja Katedral, Jakarta. Foto: MP/Asropih

MerahPutih.com - Kapolri Jenderal Tito Karnavian bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melakukan kunjungan ke Gereja Protestan Indonesia bagian Barat (GPIB) Paulus, Jakarta pada Senin (24/12) malam WIB.

Dalam kunjungannya, Tito memberikan apresiasi bahwa malam Natal berlangsung kondusif tanpa ada aksi sweeping atau penyusuran dari pihak tertentu

Ia menyebutkan belum ada laporan berarti mengenai terkait yang mengancam keamanan malam Natal. Dirinya berharap semua pihak dapat menjaga ketenangan serta kedamaian bagi seluruh masyarakat.

Polisi melakukan penyisiran di tempat duduk jemaat Gereja Katedral (MP/Asropih)

Polri fokus mengantisipasi adanya bahan peledak yang harus diamankan dari gereja-geraja selama kegiatan Natal di seluruh wilayah.

Karo Penmas Mabes Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo di Jakarta, beberapa saat sebelumnya, mengatakan telah siaga melakukan antisipasi dengan menyisir lokasi-lokasi rawan tiap dua jam sebelum acara Natal dimulai.

"Brimob akan melakukan sterilisasi, altar, tempat ibadah dan sekitaran gereja," ucap Brigjen Pol Dedi Prasetyo seperti dilansir Antara.

Selain itu, penyuluhan dan kerja sama dengan masyarakat terus dilakukan sebagai upaya pengamanan di tingkat wilayah.

Sebanyak 55 ribu personel gabungan telah disiapkan, termasuk menggandeng Ormas seperti Muhammadiyah, NU untuk turut menciptakan perayaan Natal yang damai. TNI juga dilibatkan dalam proses pengamanan Natal.

Perlengkapan metal detektor serta memeriksa barang bawaan tas dari jemaat menjadi salah satu prosedur yang akan dilakukan.

Polisi melakukan sterilisasi di diorama kandang tempat kelahiran Yesus Kristus di Gereja Katedral (MP/Asropih)

Perayaan di kota-kota besar seperti Jakarta akan menjadi fokus tersendiri, mengingat ancamannya dianggap lebih besar sebagai sasaran teroris.

"Anggota Polri 35 ribu, itu dibantu TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, secara aktif di tempat ibadah baik yang digunakan umat kristiani, atau totalnya sekitar 55 ribu personel. Polri ada Pospam untuk bertanggung jawab wilayah sekitar gereja," tegasnya. (*)

#Hadi Tjahjanto #Tito Karnavian #Natal
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan