Kapolri Tekankan Dominasi Kelas Menengah Kunci Indonesia Selamat Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Pol Tito Karnavian. (ANTARA FOTO/Moch Asim)

MerahPutih.com - Kapolri Jenderal Tito Karnavian menekankan dominasi kelas menengah agar bangsa Indonesia bisa terus bertahan setelah mencapai usia 74 tahun pada 17 Agustus mendatang.

"Dominasi kelas menengah indikator negara kuat dan stabil. Negara yang kuat kelas menengahnya mendominasi. Contohnya Singapura. Negara-negara skandinavia, Norway, Finland, Denmark, Sweden, semua didominasi kelas menengah. Amerika, Inggris, New Zealand didominasi kelas menengah," kata Tito, saat memberi pembekalan Praja TNI-Polri di Mabes TNI, Jakarta Timur, Jumat (12/7).

BACA JUGA: Sekarang Tidak Ada Lagi Cebong Kampret, Adanya Bangsa Indonesia

Tito menjelaskan kelompok kelas menengah adalah golongan yang terdidik, ekonomi stabil, dewasa berdemokrasi, dan memiliki potensi konflik yang rendah. Sebaliknya, lanjut Kapolri, negara yang didominasi kelas bawah akan rentan terjadi konflik horizontal.

Kapolri
Kapolri Jenderal Tito Karnavian memberi pembekalan terhadap 781 calon praja TNI-Polri di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur. Foto: MP/Kanu

Menurut Tito, kelompok kelas bawah cenderung punya kecemburuan sosial, ketidakpuasan terhadap pemerintah dan mudah terprovokasi serta diadu domba. "Kita lihat bangsa kita masih didominasi kelas bawah. Ini yang menjadi potensi kerawanan dari sudut pandang internal," tegas Kapolri.

Pembekalan calon perwira TNI dan Polri dilakukan sekaligus untuk persiapan pelaksanaan Prasetya Perwira TNI dan Pelantikan Perwira Polri di Istana Merdeka Selasa (16/7/2019) mendatang.

BACA JUGA: Hasil Survei: Kelas Menengah dan Kaum Terdidik Sudah Disusupi Ajaran Intoleransi

Untuk diketahui, hari ini digelar Prasetya Perwira TNI dan Pelantikan Perwira Polri 2019 atau upacara penyumpahan dan pelantikan perwira TNI dan Polri, lulusan dari Akademi Angkatan (Akmil, AAL, AAU dan Akademi Kepolisian) di Mabes TNI Jakarta Timur.

Dalam kesempatan itu Presiden selaku panglima tertinggi Joko Widodo akan bertindak selaku inspektur upacara. Komposisi jumlah calon perwira TNI dan Polri yang akan dilantik Akmil putra 244, putri 15 dan jumlah 259. Akademi Angkatan Laut (AAL) putra 103 putri 14 jumlah 117, Akademi Angkatan Udara (AAU) putra 90, putri 9 jumlah 99 dan Akademi Kepolisian (Akpol) putra 256, putri 50 jumlah 306. (Knu)

BACA JUGA: Kapolri Tito Minta Naik Gaji Langsung di Depan Jokowi


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH