Kapolri Rapat dengan Dua Menteri Bahas Sembako

Andika PratamaAndika Pratama - Senin, 11 Desember 2017
Kapolri Rapat dengan Dua Menteri Bahas Sembako
Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian (kiri) didampingi Wakapolri Komjen Pol Syafruddin. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

MerahPutih.com - Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian melakukan rapat dengan Menteri Pertanian Amran Sulaiman dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto. Rapat ini digelar untuk membahas upaya menstabilkan harga bahan pokok menjelang Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

Dalam rapat tersebut, juga dilakukan konferensi video dengan seluruh kapolda se-Indonesia dan sejumlah kepala dinas di daerah-daerah.

"Hari ini rapat bersama, konferensi video. Kami samakan persepsi terkait pengamanan stok dan harga pangan jelang libur Natal dan Tahun Baru," kata Kapolri Tito di Mabes Polri, Jakarta, Senin (11/12)

Mantan Kapolda Metro Jaya ini mengatakan jelang Natal dan Tahun Baru terjadi peningkatan permintaan bahan pokok di masyarakat sehingga diperlukan campur tangan pemerintah dan lembaga penegak hukum untuk menstabilkan dan menjamin ketersediaan harga bahan pokok di masyarakat.

Dari hasil rapat diketahui bahwa kesediaan sembako mencukupi untuk kebutuhan dalam negeri hingga akhir tahun.

Diakuinya bahwa ada indikasi kenaikan harga beberapa komoditas pangan. Namun demikian, kenaikan harga tersebut masih bisa diminimalisir melalui operasi pasar yang dilakukan Bulog dan Satgas Pangan.

Pihaknya mensinyalir bahwa persoalan pangan kemungkinan terjadi di rantai distribusi.

"Persoalannya didistribusi. Ada potensi macet. Tapi akan kami amankan," ujarnya seperti dilansir Antara

Kapolri pun memperingatkan para kartel sembako agar tidak mengambil keuntungan dalam momen Natal dan Tahun Baru.

"Pemain kartel bahan pokok, hati-hati, kami mengawasi," katanya.

Sementara Kadivhumas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto mengatakan saat ini Satgas Pangan belum menemukan indikasi adanya penimbunan sembako yang dilakukan kartel.

"Belum ada indikasi penimbunan," kata Setyo.

Rapat tersebut juga dihadiri sejumlah pemangku kepentingan diantaranya Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Syarkawi Rauf, Dirut Bulog Djarot Kusumayakti dan Deputi BPOM.

#Kapolri #Tito Karnavian #Menteri Pertanian #Menteri Perindustrian
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan