Kapolri: Massa Anarkis Baju Hitam di Demo Buruh Bagian Kelompok Global

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Kamis, 02 Mei 2019
Kapolri: Massa Anarkis Baju Hitam di Demo Buruh Bagian Kelompok Global
Buruh dari Aliansi Buruh Karawang melakukan aksi vandalisme saat mengikuti aksi Hari Buruh Internasional (May Day). ( Foto: ANT/ M Ibnu Chazar )

MerahPutih.com - Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyebut massa berbaju hitam-hitam yang membuat ricuh aksi May Day di Kota Bandung adalah kelompok Anarcho-Syndicalism. Mereka menggunakan simbol huruf A.

"Ini bukan kelompok fenomena lokal, tapi fenomena internasional," kata Jenderal Tito kepada wartawan di Jakarta, Kamis (2/5).

Tito menegaskan pihaknya telah menindak tegas kelompok ini dan telah memerintahkan jajarannya memetakan kelompok anarcho-syndicalism di Tanah Air.

"Polri menghadapi situasi itu kita pasti tindak tegas. Saya sudah perintahkan untuk melakukan pemetaan kelompoknya dan melakukan pembinaan kepada mereka," ucap Tito.

Kapolri Tito Karnavian. Foto: ANTARA

Kelompok ini, lanjut Tito, berkembang di dunia sejak dulu di Rusia, kemudian di Eropa, Amerika Selatan, termasuk Asia. Namun, lanjut dia, kelompok ini baru berkembang di Indonesia beberapa tahun belakangan.

"Kita lihat mereka tahun lalu ada di Jogja, ada di Bandung, sekarang ada di Surabaya, ada di Jakarta. Mereka sayangnya melakukan kekerasan aksi vandalisme dengan coret-coret simbol 'A', ada yang merusak pagar, jalan," jelas Tito.

Sebelumnya, sejumlah pemuda diamankan polisi lantaran dianggap mengganggu jalannya May Day. Kelompok berbaju hitam-hitam itu melakukan aksi vandalisme, salah satunya di SLB C, Jalan Singaperbangsa. (Knu)

#Demo Buruh
Bagikan
Ditulis Oleh

Wisnu Cipto

Bagikan