Kapolri Marah, AKBP Y yang Tendang Ibu-ibu Dicopot dari Jabatannya Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian memberikan keterangan mengenai penindakan terduga teroris seusai mengikuti rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

MerahPutih.com - Video yang memperlihatkan seorang anggota polisi menendang ibu-ibu pencuri di sebuah minimarket di Pangkal Pinang mendapatkan respon keras dari institusi kepolisian.

Karo Penmas Divhumas Polri Brigjen Pol M. Iqbal mengatakan, tindakan arogansi yang dilakukan oleh anggota oknum polri berpangkat AKBP dengan inisial Y tersebut, telah mencederai institusi korps Bhayangkara. Pasalnya, apa yang dilakukannya oknum polri itu, tidak menunjukkan sikap Promoter, terutama menghilangkan arogansi kekuasaan.

"Promoter itu difokuskan pada tiga kebijakan utama yang salah satunya perbaikan kultur. Dimana anggota Polri saat ini harus menghilangkan arogansi kekuasaan, dan menekan kekerasan eksesif," katanya Iqbal saat di konfirmasi, Jumat, (13/7).

AKBP Y yang menendang seorang ibu di minimarket. Foto: ist

Lebih lanjut mantan Kaolrestabes Surabaya itu, menjeaskan, perbuatan arogansi yang dilakukan oleh AKBP Y, ini, sama sekali tidak mencerminkan sosok polisi sebagai pelindung, pelayan dan pengayom masyarakat.

Menurut Iqbal, Kapolri tidak melarang jajarannya untuk melakukan tindak tegas. Tapi tindakan tegas yang diperintahkan Kapolri itu, hanya diperbolehkan kepada pelaku kriminal yang membahayakan nyawa petugas.

"Kapolri sering mengatakan keras boleh, tapi terhadap penganggu ketertiban umum, pelaku kriminal yang membahayakan nyawa masyarakat dan petugas, harus tegas bila perlu ditembak mati. Malah diberi penghargaan oleh Pak Kapolri," tambahnya.

Sementara itu, kata Iqbal, Kapolri Jenderal Pol Muhammad Tito Karnavian marah besar saat mengetahui kelakuan jajarannya yang berinisial Y tersebut. Oleh karena itu, jenderal bintang empat itu menginstruksikan AKBP Y dicopot dari jabatannya sebagai Kasubid Ditpamobvit Polda Kepulauan Babel.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian
Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian memberikan keterangan mengenai penindakan terduga teroris seusai mengikuti rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

"Kapolri marah dan akan copot AKBP Y hari ini juga,"tutupnya

Berita ini merupakan laporan Gomes Roberto, kontributor merahputih.com, untuk wilayah Bekasi dan sekitarnya.


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH