Kapolri Idham Azis Langsung Minta Restu ke Panglima TNI, Ada Apa? Kapolri Jenderal idham Azis. Foto: ANTARA

MerahPutih.com - Kapolri Jenderal Idham Azis akan menemui Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto usai dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Polri mengklaim kunjungan Idham sekadar untuk silaturahmi.

"Pak Kapolri tahu persis bahwa TNI mitra terpenting di dalam menjaga keamanan dalam negeri. Karena TNI-Polri adalah dua pilar terpenting utuhnya NKRI," kata Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Mochammad Iqbal, kepada wartawan, Jumat (1/11).

Baca Juga

Dilantik Jadi Kapolri, Idham Azis Naik Pangkat

Iqbal menambahkan Kapolri Idham merupakan junior dari Gatot, sehingga kunjungan ini merupakan hal yang wajar dalam adat ketimuran.

"Seperti budaya timur, sesama akademi, beliau akan silaturahmi meminta restu, support dan masukan, bagaimana sinergitas Polri-TNI yang kuat, dikuatkan kembali," tutur Iqbal.

Presiden Jokowi dan Kapolri Jenderal Idham Azis. Foto: ANTARA

Sementara itu, Mendagri Tito Karnavian menyatakan siap berkoordinasi dengan penggantinya dan TNI di bawah pimpinan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dalam mensukseskan pengamanan Pilkada serentak 2020. "Pasti. Itu pasti dengan Pak Idham dan Panglima TNI," ujar Tito.

Baca Juga

Hari Ini Jokowi Lantik Idham Azis Jadi Kapolri

Dalam Pilkada serentak 2020, ada 270 daerah yang melakukan pemilihan. Tito menyebut tinggal mengatur administrasi soal kerja sama dengan Polri dan TNI. "Sehingga tinggal mengatur administrasi nya," sebutnya.

Selain terkait Pilkada, Kemendagri juga terus melakukan kerja sama dengan Polri di tiap-tiap daerah. Kedua instansi tergabung dalam forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda).

"Kita harapkan nanti ada kekompakan di tiap-tiap daerah di antara forkompimda," tegas purnawirawan jenderal bintang empat polisi itu. (Knu)

Baca Juga

Dilantik Jokowi, Idham Azis Jabat Kapolri


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH