Kapolri Idham Azis Janji Polri Beking Penuh Tito di Kemendagri Sertijab Kapolri dari Jenderal (Purn) Tito Karnavian (kanan) kepada Jenderal Idham Azis. (MP/Kanu)

MerahPutih.com - Kapolri Jenderal Idham Azis berjanji akan mendukung pendahulunya Jenderal (Purn) Tito Karnavian menjalani tugas baru memimpin Kementerian Dalam Neger (Kemendagri).

Janji itu disampaikan Idham Azis saat acara serah terima jabatan (sertijab) dari eks Kapolri Tito yang digelar di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, hari ini. Upacara tradisi ini merupakan simbol beralihnya estafet kepemimpinan dengan penyerahan Bendera Tri Brata.

Baca Juga

Langkah Jokowi Redam Kelompok Radikal, Tunjuk Dua Menteri Ini dan Kapolri Idham

“Institusi polri akan membackup bapak (Tito) sepenuhnya. Akan memberikan pengamanan di manapun bapak berada untuk kita sama sama membawa NKRI ini aman tenteram,” kata Idham, di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Rabu (6/11).

sertijab kapolri idham azis
Upacara estafet tongkat kepemimpinan Polri. (MP/Kanu)

Idham menyebut jabatannya barunya sebagai Kapolri ini merupakan tanggung jawab dalam mewakafkan dirinya selama 14 bulan ke depan untuk memberikan pengabdian terbaik kepada institusi Polri dan NKRI.

“Saya akan lanjutkan seluruh program yang telah dicanangkan pak mendagri, pak kapolri sebelumnya, dan saya memantapkan soliditas TNI-Polri sebagai bagian pilar NKRI yang telah mengkristal untuk mengawal NKRI,” janji mantan Kabareskri itu.

Dalam kesempatan itu, Idham berbagi cerita bagaimana proses ditunjuk sebagai Kapolri oleh Jokowi. Saat itu, dia sempat menghadap Tito dan sembahyang zuhur bersama terus berangkat menghadap ke istana .

“Setelah dari istana saya kembali melapor ke bapak Kapolri. “Pak haji (Tito) saya diperintah pak presiden untuk melanjutkan estafet kepemimpinan karena pak haji akan masuk dalam rangkaian kabinet," kenang jenderal polisi bintang empat itu.

Baca Juga:

Tito Karnavian Ingatkan Idham Azis: Jadi Kapolri tidak Gampang

tito karnavian dan idham azis
Kapolri Jenderal Idham Azis (kanan) bersama pendahulunya Jenderal (Purn) Tito Karnavian saat berada di atas mobil komando. (MP/Kanu)

Untuk diketahui, Idham Azis dipilih Presiden Jokowi sebagai Kapolri untuk menggantikan Tito yang dilantik sebagai Menteri Dalam Negeri di kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Setelah ditunjuk sebagai calon tunggal, Idham Azis sempat menjalani fit and proper test di Komisi III DPR. Setelah itu, DPR menyetujui pencalonan Idham sebagai Kapolri dalam rapat paripurna. (Knu)

Baca Juga:

PSI Tuntut Duet Tito dan Menag Seret Tokoh Eks HTI ke Pengadilan



Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH