Kapolri Copot 3 Kapolda di Daerah Konflik Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Kantor MUI. (MP/Dery Ridwansah)

MerahPutih.com - Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengganti 3 kapolda pada wilayah yang tengah rawan diperbincangkan. Di antaranya Kapolda Sulawesi Tenggara, Papua, dan Riau.

Ketiga wilayah itu memang tengah terjadi kontroversi mengingat adanya kerusuhan, penembakan mahasiswa dan kericuhan saat aksi. Para kapolda itu akan mengikuti serah terima jabatan (sertijab) pada Senin, 30 September 2019.

Baca Juga:

Enggak Becus Urus Karhutla, Jokowi Minta Kapolda dan Pangdam Dicopot

Dikutip dari Surat Telegram Kapolri nomor ST/2569/IX/KEP/2019 tertanggal 27 September 2019, kapolda yang dicopot yaitu Kapolda Riau, Kapolda Sulawesi Tenggara, dan Kapolda Papua. Sertijab itu akan dilaksanakan di Ruang Rapat Utama (Rupattama) Mabes Polri.

Surat Telegram Kapolri nomor ST/2569/IX/KEP/2019. (Ist)
Surat Telegram Kapolri nomor ST/2569/IX/KEP/2019. (Ist)

"Untuk sertijab akan dilaksanakan pada hari Senin, 30 September 2019 pukul 08.00 WIB," demikian tertulis dalam Surat Telegram Kapolri yang ditandatangani AS SDM Kapolri Irjen Eko Indra Heri S.

Berikut mutasi jabatan kapolda tersebut:

- Kapolda Papua Irjen Rudolf A Rodja dimutasi jadi Analisa Kebijakan Utama Bidang Sabhara Baharkam Polri. Posisinya diganti oleh Irjen Paulus Waterpau.

- Kapolda Riau Irjen Widodo Eko Prihastopo dimutasi jadi Pati Baintelkam, penugasan di BIN. Posisinya akan diganti oleh Irjen Agung Setya Imam Effendi.

- Kapolda Sultra Brigjen Irianto dimutasi jadi Irwil III Itwasum Polri. Kapolda Sultra akan dijabat Brigjen Merdisyam. (Knu)

Baca Juga:

Asap Kebakaran Lahan dan Hutan Mulai Cemari Udara di Pekanbaru


Tags Artikel Ini

Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH