Kapolri Berikan Penghargaan untuk 4 Kepala Kepolisian Negara ASEAN dan Australia Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian. (MP/Dery Ridwansah)

MerahPutih.com - Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal (Pol) Tito Karnavian memberikan penghargaan Tanda Kehormatan Bintang Bhayangkara Utama kepada 4 Kepala Kepolisian negara Asean dan Kepala Kepolisian Australia, serta mantan Kepala Kepolisian Malaysia.

Kepala Bagian Penerangan Umum Mabes Polri Kombes (Pol) Martinus Sitompul menyatakan penghargaan Bintang Bhayangkara Utama ini diperuntukan kepada seseorang yang telah berjasa terhadap perkembangan dan kemajuan Polri.

"Piagam penghargaan Bintang Bhayangkara Utama merupakan penghargaan di lingkungan Polri, namun ditandatangani Bapak Presiden. Jadi ini penghargaan tertinggi bagi anggota Polri dan yang dianggap memberikan dukungan bantuan dalam operasional tugas-tugas Polri," kata Kombes Martinus Sitompul di PTIK/STIK, Jakarta Selatan, Rabu (14/02).

Mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya ini menyatakan Kepala Kepolisian negara Asean dan Kepala Kepolisian Australia ini sudah banyak membantu Polri untuk pengungkapan kasus internasional. Oleh karena itu, Polri memberikan penghargaan Bintang Bhayangkara Utama untuk membalasnya.

"Kita ketahui bahwa tugas Polri juga tak hanya domestik tapi juga internasional, karena beberapa negara terjadi kejahatan transnasional. Oleh karena itu dukungan yang diberikan kepada negara Indonesia mendapat penilaian dan apresiasi berupa piagam Bintang Bhayangkara Utama," tambahnya.

Adapun Kepala Kepolisian yang mendapatkan penghargaan Bintang Bhayangkara Utama adalah sebagai berikut :

- Kepala Kepolisian Singapura Komisioner Hong Wee Teck

- Kepala Kepolisian Malaysia Inspector General of Police Tan Sri Dato Sri Mohammad Fuji

- Kepala Kepolisian Brunei Darusaalam Dato Paduka Seri Haji Mohd Jammy bin Haji Muhd Syah Al Islam

- Kepala Kepolisian Filipina Ronald M Dela Rosa

- Kepala Kepolisian Australia Commander Jamie Strauss

- Mantan Kepala Kepolisian Malaysia Deputy Commisioner of Police Daro Ramli bin Mohammed Yusuf. (Gms)



Zulfikar Sy