Kapolri Baru Diharap Lampaui Prestasi Idham Azis Saat Ini Direktur Lembaga Pemilih Indonesia Boni Hargens (MP/Gomes R)

Merahputih.com - Pengamat politik Boni Hargens berharap Kapolri baru yang bakal menggantikan Jenderal Idham Azis harus melampauai prestasi beberapa kapolri sebelumnya termasuk prestasi Idham Azis dalam memerangi kejahatan besar seperti sindikat narkoba dan sindikat perdagangan manusia.

"Ke depan, perlu ada terobosan baru dalam dua kejahatan besar itu karena generasi muda bangsa ini harus diselamatkan dari bahaya narkoba. Selain itu, perdagangan manusia (human trafficking) harus diberantas tuntas," kata Boni dalam keteranganya di Jakarta, Rabu (17/6).

Baca Juga

IPW Nilai Tuntutan Ringan Penyerang Novel Baswedan Tepat

Tidak hanya menangkap para pelaku dalam negeri, tetapi juga perlu kerjasama dengan yurisdiksi internasional untuk menangkap jaringan mereka di luar negeri. Penjualan manusia sudah puluhan tahun menyasar mayoritas masyarakat kelas bawah yang memang lemah secara ekonomi.

"Saatnya kejahatan macam ini harus diberantas sampai ke akar-akarnya," terang Boni.

Pengamat Politik Boni Hargens (MP/Bartolomeus Papu)

Kapolri baru mesti memiliki potensi akseptabilitas yang memadai dari internal kepolisian. Ini penting supaya manajemen institusi bisa berjalan dengan baik, terutama ketika kapolri menyalurkan perintah dari pusat ke daerah dalam pelaksanaan tugas-tugas penegakan hukum.

Kapolda-kapolda juga mesti bersinergi dengan kapolri dalam hal visi dan misi, bukan hanya formalitas. Hal itu nanti berdampak pada polres-polres di tingkat kabupaten/kota. Selama ini, kita mengapresiasi soliditas kelembagaan di polri yang begitu kuat.

Baca Juga

Eks Bos KPK Anggap Sindiran Bintang Emon Wakili Suara Publik di Kasus Novel

''Itu harus terus dipertahankan karena ke depan, tantangan bangsa ini akan lebih besar lagi dalam merawat Pancasila dan UUD 1945," tutup Boni. (Knu)



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH