Kapolri: Ada Saksi Kunci yang Tahu Ciri-ciri Penyerang Novel Kapolri Jenderal Tito Karnavian (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan, pihaknya telah memeriksa 56 saksi terkait kasus penyerangan air keras terhadap penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan. Tito menyebut, ada satu saksi kunci yang diduga mengetahui kejadian tersebut.

"Ada 56 saksi yang sudah diperiksa. Dan ada saksi yang melihat kejadian. Menurut kami dia saksi penting karena dia yang melihat," kata Tito di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, (19/6).

Menurut Tito, satu saksi kunci tersebut mengetahui ciri-ciri pelaku penyerangan terhadap Novel. Ia mengatakan, saksi kunci tersebut telah diberikan pengamanan oleh pihak kepolisian.

"Nah, saksi yang ini melihat. Tahu orangnya, ciri-cirinya, bentuk badannya, dan lain-lain. Saksi ini sudah kami berikan perlindungan," jelasnya.

Oleh karena itu, dalam waktu dekat Polri akan mengirim tim untuk menyambangi penyidik senior KPK tersebut di Singapura untuk melakukan pemeriksaan. Kedatangan Polri akan didampingi oleh pimpinan KPK.

"Ada beberapa hal penting, konfrontasi-konfrontasi dengan beberapa orang saksi. Dan berkaitan langkah lanjut, saya sudah sampaikan ke Ketua KPK bahwa Polri sudah tawarkan ke KPK, membentuk tim yang ada di Polri," pungkas Tito.

Sementara itu, Ketua KPK Agus Rahardjo menyambut baik tawaran yang diberikan oleh Kapolri untuk bergabung dalam tim yang dibentuk Polri.

"Kami hanya back up dan support. Tawaran itu sangat baik, tapi kami evaluasi dulu bantuan apa yang bisa diberikan KPK ke Polri," tandasnya.

"Nanti ada langkah-langkah klarifikasi juga ke Novel di Singapura. Saya akan dampingi. Mudah-mudahan bisa ketemu pelakunya," pungkas Agus. (Pon)

Baca berita terkait Jenderal Tito Karnavian lainnya di: Buntut Kicauan Novel, Kapolri Akan Kirim Tim Ke Singapura



Noer Ardiansjah

YOU MAY ALSO LIKE