Kapolres Garut Diduga Dukung Paslon 01, Kapolri Didesak Lakukan 'Penertiban' Eva Sundari. (MP/Fadhli)

MerahPutih.com - Politisi PDI Perjuangan Eva Sundari mendesak Kapolri Tito Karnavian untuk segera mengusut dugaan keterlibatan Kapolres Garut untuk mwndukung paslon 01, Jokowi-Ma'ruf.

Sebab, jika tidak, maka akan menimbulkan stigma negatif bagi korps Bhayangkara itu. Eva menilai pencoblosan yang tinggal hitungan hari ini bisa menmbulkan kericuhan.

Eva Kusuma Sundari (Foto: Facebook/Eva Kusuma Sundari)

"Saya harap segera Kapolri itu melakukan beberapa tindakan," kata Eva di Jakarta, Senin (1/4)

Eva mengatakan pernyataan AKP Sulman Azis telah menciptakan kegaduhan. Maka itu, ia meminta kepolisian memberikan klarifikasi dengan menghadirkan Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna. Ia menilai kepolisian perlu melakukan tindakan 'penertiban'.

"Kapolsek yaitu mungkin kan habis di mutasi ya, Jadi mungkin ada apa ada motif juga nggak terima dimutasi sehingga kemudian membuat statement-statement yang mungkin benar juga, tapi kan di tempat lain enggak terjadi hanya berada di bukan Polisi umum tapi masih diskresi di tingkat lokal dan itu segera ditertibkan," kata anggota TKN Jokowi-Ma'ruf ini.

Eva sebagai anggota TKN pun membantah pihaknya berkoordinasi dengan Kepolisian untuk menginstruksikan pemenangan Jokowi.

"Kan di luar wewenang kita, kita urusannya hanya urusan kampanye dan seterusnya dan kita percaya bahwa Kapolri profesional dan juga teman-teman di kepolisian yang lain," ujar dia.

Ia menyebut, unsur Kepolisian perlu melakukan beberapa tindakan. "Msalkan Kapolres Garut ya itu membuat statement bersama disaksikan oleh Bawaslu," imbuhnya.

AKP Sulman Aziz
Eks Kapolsek Pasirwangi Garut AKP Sulman Aziz. (FEDRIK TARIGAN/ JAWA POS)

Mantan Kapolsek Pasirwangi AKP Sulman Aziz angkat bicara terkait dimutasi ke Polda Jawa Barat, karena dianggap tidak netral mendukung calon presiden nomor urut dua Prabowo-Sandi.

Sulman menegaskan dirinya seperti dizalimi. Padahal, ia hanya menjalankan tugas sebagai kapolsek untuk memastikan kegiatan deklarasi Prabowo-Sandi pada tanggal (25/2 di wilayah Kecamatan Pasirwangi, Jawa Barat agar berjalan sesuai ketentuan. (Knu)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH