Kapolda Yakin Tak Akan Ada Takbir Keliling Saat Malam Lebaran Dalam sambutannya Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Mochammad Iriawan menceritakan pengalaman menariknya saat bertugas di wilayah Tangerang. (Foto: MP/ Rizki Fitrianto)

Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan yakin masyarakat Jakarta tidak akan turun ke jalan untuk melaksanakan takbiran keliling saat malam Idul Fitri.

"Nggak ada, 'kan kami sudah beri imbauan. Tapi Insya Allah dengan imbauan saya akan dimengerti sama yang melaksanakan takbir pada malam nanti," kata Iriawan di Silang Monas, Jakarta, Senin (19/6).

Iriawan mengaskan, surat edaran yang dikeluarkannya adalah untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan seperti kecelakaan, gesekan antarkelompok masyarakat hingga kemacetan.

"Lebih baik dilakukan di masjid. 'Kan lebih juga terkonsentrasi. Tidak usah takbir keliling," ucap Iriawan.

"Toh besoknya akan bersama-sama melaksanakan hari raya Idul Fitri. Jadi, di masjid saja. Di tempat sekitarnya, itu lebih efektif," sambung Iriawan.

Untuk diketahui, Polda Metro Jaya menyebar surat edaran bagi masyarakat Jakarta untuk tidak melaksanakan kegiatan takbir keliling saat malam Idul Fitri.

Surat edaran nomor: Peng/03/2017 itu dikeluarkan tanggal 16 juni 2017 dan ditandatani langsung oleh Iriawan selaku Kapolda Metro Jaya.

Surat Edaran itu hasil rujukan dari UU Nomor 2 Tentang Polri dan hasil Analisis dan evaluasi (Anev) serts situasi kramanan dan ketertiban masyarakat jelang idul fitri. (Ayp)

Baca berita terkait malam takbiran lainnya di: MUI Imbau Umat Islam Tertib Saat Takbiran



Yohannes Abimanyu

YOU MAY ALSO LIKE