Kapolda Sulut Ajak Umat Katolik Keuskupan Manado Jaga Keamanan Kapolda Sulut, Irjen Pol Sigid Tri Hardjanto. (ANTARA)

MerahPutih.Com - Masa transisi seusai Pemilu 2019 rawan dengan gangguan keamanan berupa kerusuhan atau gesekan sosial lainnya. Masyarakat yang terbelah karena pilihan politik masih belum 'move on' dari pertarungan Pilpres 2019.

Demi meredam suasana dan merekatkan kembali keakraban serta soliditas sosial, Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Remigius Sigid Tri Hardjanto mengajak umat Katolik khususnya berada di wilayah gerejani Keuskupan Manado untuk terlibat aktif menjaga keamanan dan memperkokoh persatuan antarmasyarakat.

Hal itu disampaikan Kapolda saat mengikuti misa syukur dalam rangka Festival Seni Budaya II dan HUT ke-30 Kaum Bapak Katolik (KBK) Keuskupan Manado di Gereja Paroki Roh Kudus, Tomohon, Minggu, (26/5).

Dalam misa yang dipimpin Uskup Manado Mgr Benedictus Estephanis Rolly Untu, MSC ini, Kapolda Sigid Tri Hardjanto meminta peran umat Katolik khususnya KBK dalam membangun kembali jati diri sebagai pemersatu dan penyejuk antarsesama manusia.

Kapolda Sulut Irjen Pol Remigius Sigid Tri Hardjanto bersama Wali Kota Tomohon
Kapolda Sulut Irjen Pol Remigius Sigid Tri Hardjanto (tengah) bersama Wali Kota Tomohon Jimmy Eman (Foto: antaranews)

"Semoga KBK Keuskupan Manado semakin memperkokoh jati diri, integritas dan citranya di tengah kehidupan pribadi, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara," katanya.

Perlu disadari, lanjut Kapolda, keamanan dan ketertiban di daerah Sulut tak lepas dari peran positif yang telah ditunjukkan oleh umat Katolik terutama KBK.

BACA JUGA: Begini Kriteria dan Komposisi Menteri Kabinet Jokowi-Ma'ruf

Pusat Kajian Politik UI Ungkap Sekitar 65 Persen DPR Diisi Wajah Baru

Dalam momentum yang penuh ucapan syukur ini, mengajak segenap KBK Keuskupan Manado dan seluruh umat untuk terus meningkatkan kualitas iman, sambil terus bergandengan tangan memberikan kontribusi yang positif sesuai dengan profesi, tugas dan tanggungjawab masing-masing demi keamanan di daerah ini.

"Mengharapkan dukungan dan partisipasi dari seluruh umat dan KBK Keuskupan Manado, dalam memelihara Kamtibmas di daerah Nyiur Melambai ini. Di samping itu, tentunya senantiasa memohon doa dan topangan dalam kepemimpinan kami ke depan demi keamanan daerah kita tercinta Sulut," katanya.

Sebagaimana dilansir Antara, hadir pada saat itu antara lain Gubernur Sulut, Olly Dondokambey beserta Forkopimda, Walikota Tomohon, Jimmy Eman beserta Forkopimda, Kapolres Tomohon, AKBP Raswin Sirait beserta jajaran, umat paroki setempat serta para peserta festival.(*)



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH