Kapolda Papua Minta Warga Minangkabau Dukung Program Pemerintah

Zulfikar SyZulfikar Sy - Senin, 21 Agustus 2017
Kapolda Papua Minta Warga Minangkabau Dukung Program Pemerintah
Presiden Jokowi (berpakaian adat Tanah Bumbu Kalsel) bersama Ibu Negara Iriana (berpakaian adat Minang) saat Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Ri di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8). (ANTARA FOT

MerahPutih.com - Kapolda Papua Irjen (Pol) Boy Rafli Amar meminta kepada Ikatan Keluarga Minangkabau (IKM) yang ada di Papua khususnya di Kabupaten Mimika agar mendukung program pemerintah dalam membangun daerah.

Permintaan ini disampaikan oleh mantan Kapolda Banten itu ketika menghadiri acara halalbihalal IKM Mimika yang digabung dengan acara pengukukan pengurus DPW dan DPC IKM seluruh Papua di aula Kuala Kencana, Timika, Papua, Minggu (20/8).

"Mari kita sebagai bagian dari bangsa Indonesia yang berada di Papua selalu mendukung program dari pemerintah terutama pemerintah Kabupaten Mimika untuk membangun Papua," katanya melalui persan tertulis di Kota Jayapura, Minggu malam.

Pada momentum itu, Boy Rafliu menyampaikan selamat kepada pengurus baru IKM Cabang Mimika dan Papua serta meminta agar tetap menjaga kekompakan masyarakat Minangkabau di Papua.

"IKM ini diharapkan bisa saling asah asih dan asuh terutama bagi warga Minang yang di perantauan Papua. Apalagi, di Mimika semua suku-suku ada di sini, diharapkan suku Minang bisa mempelopori jiwa persatuan dan kesatuan. Kita harus terus bersama-sama berkontribusi serta mendukung dalam pembangunan Papua," katanya.

Ia juga kembali meminta kepada IKM agar merawat Kebhinekaan di Papua dengan membangun rasa kebersamaan dengan suku lain yang ada sehingga persatuan dan kesatuan tetap terjaga.

"Pada perayaan HUT RI tiga hari lalu, Presiden Jokowi telah mencanangkan bahwa Indonesia kerja bersama, mari kita maknai bahwa kita harus berbagi dengan sesama umat manusia dan saya yakin melalui IKM ini mampu menjadi wadah gerakan sosial yang mana kepedulian kita terhadap masyarakat Papua mampu menjadi salah satu penggerak pembangunan Papua," kata Boy Rafli.

Sementara itu, Bupati Mimika Eltinus Omaleng dalam sambutannya mengapresiasi dengan adanya IKM Mimika yang bisa mempererat persatuan dan kesatuan bangsa dalam keragaman suku-suku di Indonesia, khususnya di Mimika.

"Saya mengharapkan dengan terbentuknya dan dikukuhkannya pengurus DPW dan DPC IKM seluruh Papua ini, mampu menjadikan teladan yang baik bagi ikatan keluarga yang lain yang ada di Papua sehingga semangat persatuan dan kesatuan kita bisa tetap terjaga," kata Omaleng. (*)

Sumber: ANTARA

#Minangkabau #Papua
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan