Kapolda Papua Minta Aparat Desa Jangan Beri Dana ke KKB Kapolda Papua Irjen Polisi Paulus Waterpauw. ANTARA/Evarianus Supar

Merahputih.com - Polda Papua melarang aparat desa (kampung) di wilayah itu memberikan bantuan atau dukungan pendanaan kepada kelompok kriminal bersenjata (KKB).

"Saya mengingatkan para kepala kampung agar jangan memberikan anggaran atau dana sedikitpun kepada kelompok-kelompok ini, apapun alasannya. Kami akan tindak tegas," ujar Kapolda Papua Irjen, Paulus Waterpauw di Timika, Sabtu (23/11).

Baca Juga

Melawan Saat Ditangkap, Salah Satu Anggota KKB Dilumpuhkan Polisi

Hal itu dia sampaikan soal beredarnya surat dari KKB yang ditujukan kepada para kepala kampung untuk meminta dukungan pendanaan.

Ilustrasi: Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua. Foto: net

Kelompok bersenjata yang selama ini sering melakukan serangkaian aksi teror penembakan maupun pembunuhan terhadap aparat dan warga sipil di pedalaman Papua sering menekan semua pihak untuk menggalang dukungan pendanaan.

Baca Juga

KKB Pimpinan Porum Okiman Wenda Takuti Warga Balingga Hingga Mengungsi

Dana-dana tersebut digunakan oleh kelompok bersenjata untuk membeli dan mendapatkan amunisi maupun senjata api, selain melakukan perampasan dari senjata dan amunisi aparat. (*)



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH