Kapolda Metro Tegaskan Nasib PSBB Transisi Tergantung Masyarakat Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sujana mendatangi sejumlah mall dan pasar di Jakarta, yakni Mal Gandaria City, Senayan City, Pasar Tanah Abang dan Plaza Indonesia. Foto: MP/Kanu

MerahPutih.com - Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sujana menuturkan, Gugus Tugas DKI Jakarta sudah menerapkan PSBB transisi selama dua minggu. Ia menegaskan setiap minggu Polda Metro bersama Gugus Tugas akan terus melakukan evaluasi termasuk pembukaan kembali mal dan pasar.

"Sampai saat ini Gugus Tugas DKI masuki masa PSBB transisi menuju new normal, tapi dalam hal ini tergantung masyarakat, apakah akan melangkah ke new normal? Atau bertahan atau bahkan kembali ke pembatasan? Tergantung masyarakat," ucap Nana di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (16/6).

Baca Juga

Kapolda Metro Jaya Pantau Penerapan Protokol Kesehatan di Sejumlah Mal

Nana mengaku menggandeng tokoh masyarakat dan agaka untuk menyadarkan masyarakat. "Dalam hal ini, kita aparat TNI, Polri, Satpol PP, juga kita libatkan tokoh masyarakat untuk terus mengimbau dengan kesadaran, disiplin laksanakan protokol kesehatan, kalau dilaksanakan ini akan menuju new normal," tambah Nana yang mengenakan masker ini.

Kapolda
Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sujana mendatangi sejumlah mall dan pasar di Jakarta, yakni Mal Gandaria City, Senayan City, Pasar Tanah Abang dan Plaza Indonesia. Foto: MP/Kanu

Nana meminta bantuan dari seluruh masyarakat agar terus mematuhi protokol kesehatan agar DKI bisa segera menerapkan new normal. Selain itu, pihaknya juga akan terus berupaya mengingatkan dan mendisiplinkan masyarakat.

"Jadi tergantung masyarakat, kami TNI-Polri sesuai instruksi Presiden dalam hal ini untuk melakukan pengamanan, pengawasan juga upaya tindakan dalam bentuk teguran humanis dan persuasif untuk menyampaikan ke masyarakat," tutur Nana.

Sementara, General Manager Gandaria City Mall, Lili Mulyadi mengatakan selama dua hari beroperasi di fase pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi, jumlah pengunjung yang datang paling banyak hanya 30 persen dari kapasitas maksimal jumlah pengunjung.

"Untuk hari pertama beroperasi Senin kemarin, total jumlah pengunjung kami hanya 30 persen dari kapasitas maksimal, sejak pukul 11.00 sampai jam 8 malam," kata Lili kepada wartawan.

Menurut Lili jumlah kapasitas maksimal mal nya adalah 60.000 pengunjung. Ia mengatakan penurunan jumlah pengunjung ini adalah hal lumrah.

"Tapi kemarin hanya 30 persen saja atau sekitar 20 ribu pengunjung. Sebab kita juga kan dibatasi aturan, yakni hanya boleh menampung pengunjung 50 persen dari kapasitas maksimal," kata Lili.

Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sujana mendatangi sejumlah mall dan pasar di Jakarta, yakni Mal Gandaria City, Senayan City, Pasar Tanah Abang dan Plaza Indonesia. Foto: MP/Kanu
Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sujana mendatangi sejumlah mall dan pasar di Jakarta, yakni Mal Gandaria City, Senayan City, Pasar Tanah Abang dan Plaza Indonesia. Foto: MP/Kanu

Menurutnya sampai saat ini sudah 95 persen tenant yang sesuai aturan sudah boleh beroperasi, telah kembali membuka usahanya.

"Sementara yang lainnya masih belum boleh, seperti bioskop, karaoke atau penitipan anak," kata Lili.

Baca Juga

Pulihkan Sektor Wisata, Pemerintah Bakal Gelontorkan Dana Rp3,3 Triliun

Ia mengatakan sebelum beroperasi, pihaknya telah mempersiapkan segala aturan ketat sesuai protokol kesehatan Covid-19.

Mulai dari penyediaan hand sanitizer, penyediaan sensor untuk tombol lift, hingga pemisahan jalur untuk pengunjung yang berjalan di arah berlawanan demi menjaga physical distancing. (Knu)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH