Kapolda Metro Jaya Tegaskan Demo Rusuh dan Tak Berizin Bisa Dibubarkan Paksa Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono menyambangi Gedung KPU di Jakarta Pusat (MP/Kanu)

MerahPutih.Com - Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono mengunjungi Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ia bersama jajarannya ingin mengechek pengamanan real count baik di kotamadya maupun pusat.

Menurut Gatot, pengamanan ketat bakal dilakukan di semua tempat seperti Bawaslu hingga KPU pusat dan daerah.

"Sampai dengan nanti pengumuman resmi," kata Gatot di Jakarta Pusat, Sabtu (11/5).

Irjen Gatot menjelaskan, saat tanggal 22 Mei nanti, ada 30 ribu personel yang disiagakan.

"Kami menempatkan di beberapa titik seperti KPU, Bawaslu hingga titik-titik potensi kerawanan," jelas Gatot.

Menanggapi adanya beberapa aksi jelang tanggal 22 Mei, Gatot mengaku tak masalah.

Kapolda Metro Jaya menegaskan akan membubarkan aksi massa yang rusuh dan tak berizin
Kapolda Metro Jaya Irjjen Pol Gatot Eddy Pramono bersama jajarannya meninjau pengamanan di Gedung KPU (MP/Kanu)

"Kami selalu imbau, silahkan melakukan aksi dan jangan sampaikan aspirasi melanggar aturan yang ada. Karena jika melanggar aturan yang ada, kami akan melakukan tindakan tegas. Kita sudah diatur dalam UU No 9 tahun 1998 bagaimana batasan daripada orang-orang yang melakukan unjuk rasa," jelas Gatot.

Beberapa prasyarakat itu seperti harus menjaga keamanan ketertiban, lalu menjaga Hak Asasi Manusia, menghormati norma yang ada hingga menjaga persatuan dan kesatuan.

"Kalau ini dilanggar dan tak ada ijinnya sebagainya, kami bisa melakukan pembubaran paksa kegiatan tersebut. Jika tau mau dan kemudian memprovokasi dan sebagainya, ada aturan dalam UU No 1 Tahun 1946 kemudian pasal 211 sampai 218 KUHP, kami bisa terapkan itu," ungkap Gatot.

Namun, hingga saat belum ada kejadian yang menyalahi aturan sampai ditindak secara hukum.

"Kami harap kedepan ketika melakukan kegiatan demonstrasi patuilah aturan yang ada. Karena ada dalam demokrasi itu, kebebasan ada batasannya ada rule of the law yang mesti kita patuhi," pungkas Irjen Gatot Eddy Pramono.(Knu)



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH