Kapolda Metro Jaya Pantau Penerapan Protokol Kesehatan di Sejumlah Mal Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sujana mendatangi sejumlah mall dan pasar di Jakarta, yakni Mal Gandaria City, Senayan City, Pasar Tanah Abang dan Plaza Indonesia. Foto: MP/Kanu

MerahPutih.com - Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sujana mendatangi sejumlah mall dan pasar di Jakarta, yakni Mal Gandaria City, Senayan City, Pasar Tanah Abang dan Plaza Indonesia.

Nana yang memutari sejumlah sudut di tempat perbelanjaan itu ingin memastikan mal telah menerapkan protokol kesehatan dalam memasuki tatanan normal baru atau new normal.

Baca Juga

Pasar Gondangdia Ditutup Gara-Gara Satu Pedagang Positif COVID-19

"Kami melakukan pengecekan bagaimana kesiapan daripada kesiapan mal. Ini untuk masalah protokol kesehatan sudah dilaksanakan," kata Nana di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (16/6).

Nana yang mengunjungi sejumlah toko ini mengatakan mal memang memiliki kewajiban untuk menyiapkan protokol kesehatan.

"Kewajiban ini untuk memutus mata rantai dan penyebaran COVID-19 diruang publik," ujar Nana.

Kapolda
Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sujana mendatangi sejumlah mall dan pasar di Jakarta, yakni Mal Gandaria City, Senayan City, Pasar Tanah Abang dan Plaza Indonesia. Foto: MP/Kanu

Dari hasil peninjauannya, Nana mengaku pihak pengelola mall maupun pasar sudah menjalani protokol kesehatan. Bahkan ada para pengelola menerapkan sistem one way kepada para pengunjung yang datang.

"Ini agar masyarakat tidak saling berselisihan saat jalan," tutur dia.

Kemudian kata dia, untuk pengguna lift juga sudah tidak perlu lagi menekan dengan jari tangannya. Tetapi dengan mendekatkan tangan sesuai dengan tujuan lantainya.

Selanjutnya, di mall juga sudah ada tim medis atau dokter yang siaga. Ini sebagai bentuk upaya pemberian pertolongan pertama jika ada pengunjung yang jatuh tak sadarkan diri.

"Tentunya physical distancing juga tetap diperhatikan oleh pengelola," tegas Nana yang mengenakan masker ini.

Jenderal bintang dua ini mengimbau kepada masyarakat untuk tetap memerhatikan anjuran Pemerintah jika datang ke mall dan pasar. Sebab, kebijakan dengan dibukanya mall dan pasar oleh Pemerintah ini harus dimanfaatkan secara baik.

"Sampai saat ini pandemi virus corona ini belum selesai dan kita masih menghadapi masa Transisi PSBB menuju new normal atau tatanan kehidupan baru," tutup dia.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto memastikan pengawasan tak akan lengah. Heru mengatakan, TNI dan Polri ikut menegakan disiplin protokol kesehatan setelah sebelumnya pasar, stasiun hingga mal.

"Kami sudah tempatkan personel pengawasan di sana. Masing-masing dari TNI dan Polri ada 30 personel di setiap mal. Ini cukup banyak," kata Heru.

Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sujana mendatangi sejumlah mall dan pasar di Jakarta, yakni Mal Gandaria City, Senayan City, Pasar Tanah Abang dan Plaza Indonesia.
Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sujana mendatangi sejumlah mall dan pasar di Jakarta, yakni Mal Gandaria City, Senayan City, Pasar Tanah Abang dan Plaza Indonesia. Foto: MP/Kanu

Heru menuturkan, pembukaan mal di hari pertama biasanya mengundang keramaian warga karena ingin berbelanja dan kumpul bersama teman.

"Khusus untuk mall kami siapkan pengawasan semoga warga bisa tertib," jelas Heru.

Baca Juga

7 Pedagang Pasar Benhil Reaktif COVID-19

Ia menjelaskan, pihak mal sudah menyiapkan protokol kesehatan dengan baik. Yakni alat sensor tubuh, hand sinitizer dan klinik.

"Jadi kalau ada warga yang kena COVID-19, ada klinik untuk dilakukan perawatan sementara di sana," terang Heru.

Nantinya, warga yang memiliki suhu di atas 37 derajat bakal dilarang masuk.

"Petugas lakukan pengechekan. Ada alat cuci tangan disana. Kami ingatkan juga untuk jaga jarak termasuk pembatasan di lift dan ekskalator juga dibatasi dua anak tangga," terang Heru. (Knu)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH