Kapolda Metro Jaya Imbau Para Pemudik Agar Tidak Pakai Sepeda Motor Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono. Foto: MP/Kanu

MerahPutih.Com - Kendaraan roda dua atau sepeda motor menjadi salah satu transportasi favorit para pemudik. Selain praktis, mudik dengan menggunakan sepeda motor mudah untuk menghindari macet. Namun bahaya juga besar.

Menurut Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Gatot Eddy Pramono, pemudik dengan sepeda motor rawan kecelakaan. Atas dasar itu, Gatot mengimbau agar warga Jakarta sebaiknya dengan menggunakan sepeda motor untuk mudik Lebaran 2019.

Jika terpaksa, lanjut Irjen Gatot sebaiknya tetap memperhatikan keselamatan dalam perjalanan.

Menurut Gatot, ada beberapa hal yang harus dipatuhi oleh pemudik dengan sepeda motor salah satunya tidak melebihi muatan baik penumpang maupun barang bawaan.

Sejumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor
Sejumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor melintas di jalur pantura Tegal karang, Palimanan, Cirebon, Jawa Barat (Foto: Antara/Dedhez Anggara)

“Imbauan saya yang pertama kita meminimalisir tidak pakai sepeda motor. Kalaupun harus pakai motor itu dinaiki sesuai jumlah, jangan satu motor dinaiki lima orang, itu bahaya keamananannya,” kata Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono di Jakarta, Kamis (30/5).

Selain itu, pemudik dengan sepeda motor tidak memaksakan terus mengemudi disaat kondisi mengantuk atau kelelahan. Karena hal itu sangat berbahaya dan bisa menimbulkan kecelakaan.

"Kalau ngantuk berenti jangan dipaksakan, ini yang menimbulkan kecelakaaan. Kita juga di rest area sudah disiapkan dinas kesehatan, tempat mereka beristirahat segala macem kalau capek,” papar Gatot.

BACA JUGA: Lebaran 2019, Penumpang Bandara Adisutjipto Diperkirakan Turun 19 Persen

Hari Pertama Pemberlakuan Sistem One Way Belum Berdampak di Ruas Tol Solo-Ngawi

Selain itu, ia juga minta agar pemudik dengan motor tetap menjaga kecepatan kendaraan. Hal itu untuk mengantisipasi hal- hal yang tidak diinginkan.

"Jadi saya imbau kalau bisa kita minimalisir lah pakai motor. Kalau terpaksa jangan kebut, jangan kencang, jumlah penumpang sesuaikan maksimal dua orang ya dua orang aja, lalu kalau capek berhenti,” tutup Kapolda Metro Jaya.(Knu)



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH