Kapolda Metro: Deklarasi Antihoaks Tak Berkaitan dengan Pilkada-Pilpres Ilustrasi. (Pixabay)

MerahPutih-com - Kapolda Metro Jaya Irjen (Pol) Idham Aziz mengatakan deklarasi antihoaks yang digelar di Markas Polda Metro Jaya tidak berkaitan dengan momentum menjelang Pilkada serentak 2018 dan Pemilihan Presiden (Pilres) 2019 mendatang.

Menurutnya, deklarasi antihoax itu digelar murni untuk menjaga stabilitas situasi keamana nasional yang ada di Jakarta saat ini. Agar situasi keamanan yang ada di wilayah hukum Polda Metro Jaya tetap terjaga dengan baik. Mengingat Jakarta merupakan sebuah kota yang menjadi barometer keamanan nasional yang ada di tanah air saat ini.

"Tidak ada kaitan sama Pilkada sama Pilpres, yang penting kita memulai ini agar situasi di Jakarta sebagai barometer keamanan nasional ini bisa terjaga dengan baik," katanya, usai mendeklarasikan antihoaks di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (12/3).

Untuk diketahui, Polda Metro Jaya membentuk satu tim khusus dalam menangani masalah hoaks ini. Tim khusus yang dibentuk dari Direktorat Kriminal Khusus dengan nama Tim Cyber Patroli itu akan secara khusus bekerja dalam menangani kasus hoaks.

"Secara terstruktur, Dirkrimsus sudah saya siapkan satu tim khusus untuk menangani kasus hoaks yang terjadi di jajaran PMJ tersebut," kata Idham.

Tim khusus ini akan melakukan patroli di media sosial. "Di deklarasi kita, ada kaos, yang tulisannya ada kata 'lawan'. Artinya, dalam kegiatan itu tadi, ada kejar, kemudian kita tangkap, kemudian kita adili," tandasnya.

"Di dalam memproses hukum terhadap pelaku itu, nantinya kita lakukan sesuai dengan aturan hukum, sebab kita tidak akan memproses pelaku keluar dari aturan main, baik yang ada di KUHAP maupun aturan hukum yang ada di Undang-Undang ITE," tutupnya. (Gms)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Selain Sebarkan Hoaks Penyerangan Ulama, Ternyata Muslim Cyber Army Juga...


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH