Kapolda Metro Bicara Peluang Penahanan Firli Bahuri

Mula AkmalMula Akmal - Senin, 27 November 2023
Kapolda Metro Bicara Peluang Penahanan Firli Bahuri
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi KPK (ACLC), Jakarta, Senin (20/11). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

MerahPutih.com - Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto menanggapi kemungkinan penahanan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) nonaktif, Firli Bahuri setelah ditetapkan sebagai tersangka dugaan pemerasan terhadap Syahrul Yasin Limpo.

Karyoto menyebutkan perihal penahanan terhadap tersangka dalam kasus tersebut merupakan kewenangan dari penyidik yang menangani.

Baca Juga:

Pengganti Firli Bahuri Diharapkan Kembalikan Muruah KPK

“Ya nanti kan kita lihat, bagaimana keyakinan dari penyidik. Apakah secara subjektif ada hal-hal yang perlu dilakukan penahanan, bisa saja, ya, bisa saja dilakukan penahanan,” ujar Karyoto kepada wartawan di Jakarta, Senin (27/11).

Adapun dalam proses yang kini dalam tahap penyidikan, nantinya Firli Bahuri menjalani pemeriksaan terlebih dahulu dengan kapasitasnya sebagai tersangka.

“Nggak ada (faktor lain soal penentu penahanan), kan baru ditetapkan tersangka, belum dipanggil sebagai tersangka. Ya ada fase-fasenya,” ucapnya.

Baca Juga:

Polda Metro Siap Hadapi Praperadilan Ketua KPK Firli Bahuri


Nantinya, usai Firli Bahuri menjalani pemeriksaan sebagai tersangka, penyidik gabungan Subdit Tipidkor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya dan Dittipidkor Bareskrim Polri akan menentukan layak tidaknya Firli ditahan.

“Penahanan itu bagian dari upaya paksa, tergantung dari penyidik punya pendapat apa nanti. Nanti diserahkan ke penyidik, saya biasa terima laporan aja,” tandasnya. (Knu)

Baca Juga:

Polda Metro Klaim Tak Ada Tekanan Usut Kasus Firli Bahuri

#Kapolda Metro Jaya #KPK #Firli Bahuri
Bagikan
Bagikan