Kapolda Metro: Aksi 212 Tak Perlu Dibesar-besarkan Massa dari berbagai elemen masyarakat mengikuti Reuni 212 di kawasan Monas, Jakarta, Sabtu (2/12/2017). (ANTARA/Zarqoni Maksum)

MerahPutih.com - Pihak kepolisian telah menerima surat pemberitahuan ihwal acara Reuni 212 yang akan berlangaung di kawasan Monas, Jakarta Pusat, pada 2 Desember mendatang. Terkait hal tersebut, polisi akan melakukam pengamanan.

Kapolda Metro Jaya Irjen (Pol) Gatot Eddy Pramono mengatakan, agenda tahunan yang dihelat oleh Persaudaraan Alumni 212 tersebut merupakan kegiatan keagamaan. Untuk itu, Gatot menyebut Reuni 212 sama seperti kegiatan keagamaan lainnya.

Baca Juga:

Izinkan Reuni 212, Politik Balas Budi Anies?

"212 kegiatan keagamaan, jadi kegiatan yang biasa saja, tentu kalau ada kegiatan keagamaan nanti mereka memberitahukan kepada Polri. Ya kita akan melakukan kegiatan pengamanan. Jadi merupakan hal yang biasa saja menurut saya," kata Gatot di Polda Metro Jaya, Selasa (26/11).

Kapolda Metro Jaya, Irjen Gatot Eddy Pramono (depan). ANTARA/Fianda Rassat
Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono (depan). ANTARA/Fianda Rassat

"Jadi tidak usah terlalu dibesar-besarkan atau lain sebagainya, sebagaimana kegiatan-kegiatan agama lainnya," sambungnya.

Gatot menyebut, pengamanan akan dilakukan oleh pihak Polda Metro Jaya. Terkait jumlah personel yang akan diterjunkan, nantinya menyesuaikan dengan jumlah massa yang hadir.

"(Pengamanan) cukup dari Polda Metro saja. Untuk jumlah personel, tentu sesuaikan nanti berapa jumlah yang hadir kita sesuaikan jumlahnya," papar Gatot.

Baca Juga:

Fadli Zon Soal Reuni 212: Kalau Diundang, Saya Datang

Sebelumnya, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Argo Yuwono mengatakan, pihaknya telah menerima surat pemberitahuan acara Reuni 212. Agenda tahunan yang diselenggarakan Persaudaraan Alumni 212 ini akan berlangsung pada 2 Desember 2019 mendatang.

Jemaah Munajat 212 melaksanakan Shalat Magrib di Monas, Jakarta, Kamis (21/2/2019).
Jemaah Munajat 212 melaksanakan Shalat Magrib di Monas, Jakarta, Kamis (21/2/2019). (Foto: Antara)

"Rencana ada Reuni 212, memang Mabes Polri sudah menerima surat pemberitahuan," kata Argo di Mabes Polri, Selasa (26/11).

Berkaitan dengan lokasi acara yang berlangsung di kawasan Monas, Jakarta Pusat, maka Mabes Polri menyerahkan rekomendasi kegiatan ke Polres Metro Jakarta Pusat. Dari Polres, nantinya rekomendasi akan ditingkatkan ke Polda Metro Jaya. (Knu)

Baca Juga:

Setara Institute Berpaham Sekularisme Hingga Liberalisme, PA212: Sudah Difatwa Haram


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH