Kapolda DIY Tegaskan Tak Temukan Paspor di Tas Pelaku Penyerangan Gereja Kapolda DIY Brigjen Pol Ahmad Dofiri (tengah) memberikan keterangan kepada wartawan di Polda DIY, Sleman, DI Yogyakarta, Senin (12/2). ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

MerahPutih.com - Polda DIY masih terus menyelidiki motif penyerangan seorang pria ke Gereja Santa Lidwina, Bedog, Sleman Yogjakarta. Polisi pun sudah mengamankan beberapa barang bukti dari Suliyono pelaku penyerangan.

Santer terdengar saat dibekuk, pelaku membawa paspor di dalam tasnya. Namun, Kapolda DIY Brigjen Pol Ahmad Dofiri membantah.

"Itu hanya ijasah saja, bukan dokumen Immigrasi (paspor). Sudah kami amankan (ijazah) beserta barang bukti lainnya yakni sebilah senjata tajam,"kata Dofiri saat jumpa pers di Mako Polda DIY, Senin (12/2).

Tetapi, Dofiri enggan menyebutkan isi dari ijazah tersebut. Apakah ijazah sekolah atau ijazah universitas. Begitu juga ketika ditanyakan apakah ada pelaku lainnya dalam peristiwa ini, Dofiri masih belum mau buka suara.

Ia berkilah tak mau berspekulasi sebelum mendapat keterangan langsung dari pelaku. "Pelaku lainnya? Kami ga mau berandai-andai, fokus ke satu ini aja," tuturnya.

Pihak kepolisian memang belum bisa banyak memperoleh informasi dan latar belakang penyerangan. Sebab usai dilumpuhkan dengan dua tembakan di kakinya, Suliyono masih sulit diajak berkomunikasi. Pasca dioperasi, kondisinya baru memulih pagi tadi.

Polda DIY turut mendapat "backingan" dari densus 88 untuk menyelidiki apakah ada keterkaitan pelaku dengan kelompok teroris dan radikalis tertentu.

Sebelumnya Kapolri Jendral Tito Karnavian mengatakan Suliyono diduga teracuni paham radikal. Pasalnya hasil penyidikan sementara, Suliyono pernah tinggal di Poso Sulawesi Tengah. Ia pernah mencoba mengubah identitasnya di paspor agar bisa pergi ke Suriah. Namun usaha tersebut gagal.

Berita ini merupakan laporan Teresa Ika, kontributor merahputih.com, untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Baca juga artikel terkait di: Kapolda: Pelaku Penyerangan Gereja Sempat Telepon Seseorang Sebelum Beli Pedang



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH